Kena Sanksi PSSI, Persib Kehilangan Supardi dalam Empat Laga

BolaGP Sport    Edit
Kena Sanksi PSSI, Persib Kehilangan Supardi dalam Empat Laga
Kena Sanksi PSSI, Persib Kehilangan Supardi dalam Empat Laga
Persib Bandung harus kehilangan kapten tim Supardi Nasir dalam empat pertandingan ke depan di Liga 1 2018, termasuk saat melawan Arema FC Minggu 15 April 2018.

Supardi terkena sanksi larangan bertandingan dari Komite Disiplin PSSI karena terbukti menanduk wasit Dwi Purba Adi Wicaksana dalam laga Persib vs Mitra Kukar 8 April lalu.

Dilansir laman resmi Persib, sanksi bagi Supardi bukan hanya larangan bertanding, tapi juga denda Rp50 juta.

Dalam Surat Keputusan Komite Disiplin PSSI Liga 1 dengan tertanggal 11 April 2018, Supardi dinilai terbukti melakukan pelanggaran dengan menanduk wasit.

"Merujuk kepada pasal 50 ayat 1 (b) dan ayat (2) Kode Disiplin PSSI. Sdr. Supardi dihukum larangan bermain sebanyak 4 (empat) pertandingan, pada pertandingan: Arema FC vs Persib Bandung, tanggal 15 April 2018; Persib Bandung vs Borneo FC, tanggal 21 April 2018; Persija Jakarta vs Persib Bandung, tanggal 28 April 2018; Madura United vs Persib Bandung, tanggal 4 Mei 2018," demikian isi surat keputusan Komdis PSSI.

Selain sanksi empat laga, Kodis juga menjatuhi denda sebesar Rp50 juta. Persib masih bisa melakukan banding atas keputusan tersebut.

Saat laga Persib vs Mita Kukar di pekan ketiga Liga 1, salah satu pemain Persib, Ghozali Siregar, dijegal di dekat kotak penalti Mitra Kukar oleh bek Wiganda Pradika pada menit ke-42. 

Namun, pada momen tersebut, wasit Dwi Purba menilai Ghozali-lah yang melalukan pelanggaran.

Dianggap keliru, Supardi yang bertindak sebagai kapten kesebelasan melancarkan protes keras terhadap sang pengadil lapangan. Semenit berselang, wasit Dwi Purba pun memberikan kartu kuning terhadap Supardi dalam pertandingan yang dimenangi Maung Bandung dengan skor 2-0 itu.

Meski tanpa Supardi di empat laga ke depan, pelatih Persib Mario Gomez menegaskan, timnya asuhannya akan tetap solid. Ia sudah mempersiapkan beberapa pemain alternatif pengganti Supardi pada pertandingan nanti.

"Ya, memang kapten tidak akan bermain. Tapi, kami masih memiliki pemain-pemain pengganti yang kualitasnya merata. Saya rasa tidak berpengaruh untuk misi kita menang di sana (Malang). Kita sudah menyusun rencana," tegasnya.

Absennya Supardi untuk beberapa laga membuat Gomez sedikit kecewa. Terlebih, pelatih asal Argentina itu mengakui jika sosok Supardi sebagai kapten tim sangat diperlukan dalam setiap pertandingan.

"Tentu ini mungkin bisa disebut satu kerugian bagi kita. Kita bermain tanpa dia dalam pertandingan-pertandingan yang sangat penting. Ya, mau bagaimana lagi? Tapi, satu sisi dia absen untuk empat pertandingan itu tidak bagus," ujar Gomez.

Selain denda buat Supardi, Persib juga kembali dijatuhi sanksi denda akibat ulah oknum suporter yang melakukan pelemparan botol.

Persib dijatuhi hukuman berupa denda sebesar Rp45 juta. Ini denda kedua bagi Maung Bandung setelah denda Rp100 juta akibat pelanggaran suporter berupa flare, smoke bomb, dan pelemparan botol minuman di laga pertama kontra PS Tira 26 Maret 2018.*

Click to comment