April 04, 2018

Fernando Soler Bukan Asisten Pelatih Persib Bandung

Fernando Soler Bukan Asisten Pelatih Persib Bandung BolaGP Sport
April 04, 2018

Fernando Soler Bukan Asisten Pelatih Persib Bandung
Jabatan Fernando Soler di Persib Bandung bukan asisten pelatih melainkan sebagai interpreter atau penerjemah.

Demikian ditegaskan Sekretaris Tim Persib Yudiana saat mengklarifikasi peran Soler di tim Maung Bandung menyusul ramainya pembahasan tersebut di media sosial.

Dilansir laman resmi klub, Yudiana mengatakan, posisi Soler di skuat Persib adalah sebagai interpreter atau pengalih bahasa pelatih kepala Mario Gomez karena dalam regulasi Liga 1 2018 sebuah tim peserta tidak diperkenankan mendaftarkan dua asisten pelatih. 

Penyertaan jabatan Soler sebagai interpreter dalam Daftar Susunan Pemain sebenarnya sudah sesuai aturan.

Hal itu diungkapkan Yudiana setelah merujuk kepada regulasi yang diterbitkan operator liga, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), yang tercantum pada pasal 30 ayat ‎5.

"Manajemen patuh kepada regulasi yang diterbitkan oleh pihak LIB, yang mana tertera di situ jika jabatan seorang asisten pelatih hanya boleh diisi oleh satu orang,"‎ kata Yudiana.

"Jadi dengan mengikuti aturan dari LIB, Soler di sini menjabat sebagai penerjemah daripada Mario Gomez, yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pemain dan pelatih," tambahnya.

Karena itu, Persib tetap mendaftarkan satu asisten pelatih yakni Herrie Setyawan atau Jose untuk mendampingi pelatih kepala Mario Gomez.

"Yang bersa‎ngkutan juga sebenarnya memiliki lisensi kepelatihan di Argentina. Namun itu masih dalam proses persamaan dengan ‎lisensi kepelatihan yang ada di kita, yaitu yang diterbitkan AFC. Tapi, tetap saja setelah proses itu misalkan selesai, asisten pelatih Persib adalah Herrie," tutupnya. 

Jabatan Soler disorot Bobotoh karena dalam daftar susunan pemain (DSP) Persib ketika berhadapan dengan Sriwijaya FC Minggu (1/4/2018) disebutkan sebagai penerjemah (interpreter),

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S. Taryono, membenarkan jabatan Soler terpaksa ditulis sebagai interpreter dalam DSP Persib di laga yang berakhir dengan kekalahan 1-3 itu. Alasannya, karena memang saat ini lisensi kepelatihan Soler masih dalam proses.

"Sebenarnya Soler tetap menjadi asisten pelatih. Hanya, soal teknik administrasinya sedang dalam proses, sedang dalam mekanisme. Ada ketentuan tertentu secara mekanisme yang masih dalam proses. Tapi, tetap fungsi dan peran dia tidak berubah yakni sebagai asisten pelatih dari Mario Gomez (pelatih kepala)," jelas Kuswara.*

Show comments
Hide comments