Lawan Bhayangkara FC, Persib Bandung Siapkan Skema Tanpa Lima Pemain Pilar

Lawan Bhayangkara FC, Persib Bandung Siapkan Skema Tanpa Lima Pemain Pilar
PERSIB Bandung dipastikan tidak diperkuat lima pemain pilarnya pada laga pekan ke-12 Liga 1 kontra Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis 31 Mei 2018. 

Kelima pemain yang harus absen itu adalah Febri Hariyadi, Victor Igbonefo, Supardi Nasir Bujang, Ezechiel N'douassel, dan Indra Mustafa.

Febri dan Igbonefo absen lantaran harus mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia U-23 di Jakarta. Indra memenuhi panggilan Timnas U-19. Supardi dan Ezechiel terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

Meski demikian, pelatih Mario Gomez mengaku tak cemas. Ia mengaku telah menyiapkan pemain pengganti untuk menjamu Bhayangkara FC.

“Terlalu banyak pemain yang absen untuk satu tim di kompetisi. Tiga untuk tim nasional dan dua karena akumulasi kartu kuning. Tapi it’s okay, kita masih punya pemain lain,” ujarnya dirilis persib.co.id.

Dalam sesi latihan di Stadion GBLA, Selasa 29 Mei 2018 sore, Gomez terlihat sudah menyiapkan skenario formasi tanpa lima pemain yang absen.

“Hari ini kita berlatih untuk antisipasi absennya pemain-pemain ini. Kita sudah bisa kembali memainkan (Oh) Inkyun. Mungkin juga nanti akan main Billy, Henhen, Wildan, dan Airlangga,” katanya.

Persib juga terancam kehilangan Dedi Kusnandar yang cedera saat ditahan imbang Bali United di laga sebelumnya, 

Dado -- sapaan akrabnya -- pun berlatih terpisah dari rekan-rekannya dengan  hanya jogging ditemani fisioterapis Benidektus Adi Prianto di sisi lapangan. 

Dokter tim M. Rafi Ghani mengatakan, cedera Dado tidak serius. “Dado memang ada pembengkakan di bagian tungkai bawah kaki kanannya. Tapi bukan merupakan cedera serius," kata Rafi.

Rafi berharap, pemilik nomor punggung 11 itu bisa kembali bergabung bersama rekan-rekannya dalam waktu dekat ini. “Mudah-mudahan besok sudah bisa berlatih bersama lagi," ucapnya.

Selain menyiapkan skema tanpa lima pemain, Gomez melakukan evaluasi untuk timnya. Gomez menyatakan, ia bersama jajaran pelatih akan terus mengasah sentuhan bola, khususnya finishing touch.

"Kita lihat pertandingan kemarin (kontra Bali United, Minggu 27 Mei) banyak sekali mendapatkan peluang, tapi belum berhasil menjadi gol. Pertandingan selanjutnya ini tidak boleh terjadi. Apalagi kita akan bermain di kandang," ujar pelatih asal Argentina tersebut.

Tak hanya itu, Gomez pun bertekad tetap menjaga tren tidak kebobolan Maung Bandung pada laga berikutnya. Kendati bakal bermain tanpa Victor Igbonefo, juru racik asal Argentina itu tetap yakin barisan pertahanan tetap solid.

"Target setiap pertandingan adalah kemenagan tanpa kebobolan. Victor memang tidak bermain, tapi kita masih ada Sabil (M. Al Amin Syukur Fisabillah) dan Wildansyah. Semua pemain di tim ini sangat siap bermain," tegasnya.*