Spanyol Pecat Pelatih Julen Lopetegui

Spanyol Pecat Pelatih Julen Lopetegui
Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) resmi memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih Tim Nasional hanya sehari jelang Piala Dunia 2018 dimulai.

Kabar pemecatan ini datang setelah Lopetegui diumumkan sebagai pelatih baru Real Madrid menggantikan Zinedine Zidane, Kamis (12/6/2018).

"Kami terpaksa memecat pelatih tim nasional," ungkap Presiden RFEF, Luis Rubiales, dikutip Marca.

"Apa yang kami capai sejauh ini tak lepas dari jasa besarnya dan kami harus berterima kasih dan mengharapkan yang terbaik baginya."

Rubiales mengisyaratkan dirinya kecewa dengan cara yang ditempuh Madrid yang merekrut Lopetegui menjelang Piala Dunia 2018 bergulir.

"Saya tak merasa dikhianati. Lopetegui telah melakukan pekerjaan yang sempurna. Soal ini [Lopetegui ke Madrid] adalah hal lain," lanjutnya.

"Saya sudah berbicara dengan para pemain dan bisa menjamin bahwa mereka akan melakukan segalanya, bersama dengan pelatih baru, untuk membawa tim melaju sejauh mungkin."

"Real Madrid mencari pelatih terbaik, itu tidak masalah bagi saya. Saya tak punya opini atas tindakan Real Madrid. Tapi federasi punya kewajiban, untuk mewakili seluruh masyarakat Spanyol."

"Untuk meraih kemenangan adalah sangat penting, untuk memiliki pelatih terbaik sangat penting, tapi di atas itu semua adalah bertindak secara benar. Mungkin sekarang ini sulit, tapi pada akhirnya akan membuat kami lebih kuat."

Di Piala Dunia, Spanyol akan menghadapi Portugal dalam laga perdana Grup B, Sabtu (16/6/2018).

Sebenarnya, pihak Madrid sendiri memberi kebebasan bagi Lopetegui untuk tetap menangani Timnas Spanyol hingga Piala Dunia usai. Namun, federasi justru menginginkan sebaliknya karena merasa Madrid telah bertindak tanpa etika.

Rubiales mengaku sudah berbicara pada para pemain Timnas Spanyol. Menurutnya, para pemain sudah siap bekerja sama dengan pelatih baru.

RFEF belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pelatih baru Spanyol.

Spanyol tidak terkalahkan dalam 20 pertandingan terakhir sejak ditangani Lopetegui usai Piala Eropa 2016. Para pemain Spanyol pun dikabarkan menolak pemecatannya. 

Di Piala Dunia 2018, Spanyol akan mengawali kiprahnya dengan menghadapi Portugal, Jumat (15/6) atau Sabtu dini hari WIB.*