Jelang MotoGP Jerman 2018: Dani Pedrosa Pensiun

Jelang MotoGP Jerman 2018: Dani Pedrosa Pensiun
SEHARI menjelang MotoGP Jerman 2018, pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, mengumumkan pensiun dari MotoGP akhir musim ini.

Dalam konferensi pers Kamis (12/7) menjelang balapan MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7),  pebalap asal Spanyol itu mengaku pensiun dari arena balapan karena ada prioritas lain lagi dalam hidupnya.

Sebelumnya, Pedrosa dan Honda sepakat untuk tidak melanjutkan kontrak kerja sama yang berakhir tahun ini setelah mengabdi selama 13 tahun di tim tersebut.

"Tahun depan saya tak lagi berkompetisi di kejuaraan ini [MotoGP], saya akan mengakhiri karier saya di MotoGP musim ini," katanya.

"Ini keputusan yang sudah saya pikirkan sejak lama dan ini pilihan yang sulit karena ini adalah olahraga yang saya cintai. Meski sebenarnya masih ada peluang untuk tetap membalap, saya merasa tak memiliki intensitas seperti sebelumnya . Saya kini punya prioritas berbeda dalam hidup," papar Pedrosa dikutip dari situs resmi MotoGP.

Jelang MotoGP Jerman 2018: Dani Pedrosa Pensiun
Pedrosa total sudah 18 tahun berkarier sebagai pebalap merintis kelas 125 cc, 250 cc, hingga ke MotoGP.

"Saya ingin mengungkapkan betapa beruntungnya bisa memiliki kesempatan ini. Ini adalah pengalaman yang luar biasa membalap bersama tim yang hebat, dan di hadapan semua penggemar," lanjutnya.

Sejumlah tim satelit siap menampung pembalap 32 tahun tersebut. Satu di antaranya SIC Petronas Yamaha. Namun, Pedrosa enggan tampil di MotoGP bersama tim satelit.

"Jadi, saya bisa mengatakan telah mencapai lebih dari yang saya harapkan, dan saya sangat bangga dengan semua yang saya lakukan di olahraga ini," lanjutnya.

"Saya memenuhi impian saya menjadi pembalap dan ini adalah sesuatu yang tidak saya harapkan sebagai seorang anak yang menonton pembalap di televisi. Terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dan sekarang saatnya untuk memulai babak baru," paparnya.

Dani Pedrosa mulai membalap di MotoGP sejak 2006 tanpa sekalipun meraih gelar juara dunia. Prestasi terbaiknya di MotoGP adalah peringkat kedua pada 2007, 2010, dan 2012.*