PSSI Perpanjang Kontrak Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla

PSSI Perpanjang Kontrak Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla
PSSI memperpanjang kontrak pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Luis Milla Aspas. PSSI juga sudah menyiapkan pengganti jika Milla menolak perpanjangan kontrak.

Kepastian perpanjangan kontrak pelatih asal Spanyol itu diungkapkan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi sesuai rapat bersama anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Kontrak Milla berakhir pada akhir Agustus 2018. Pencapaian terakhir Milla yakni membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak 16 besar Asian Games 2018. 

"Dari hasil rapat Exco tadi kami memutuskan Luis Milla tetap diberikan kepercayaan untuk melatih Timnas Senior. Terkhusus pada ajang Piala AFF yang akan dilaksanakan pada November mendatang. Kami akan perpanjang kontraknya selama satu tahun ke depan," kata Edy Rahmayadi dirilis laman resmi PSSI.

"Timnas Indonesia sejak dipegang Luis Milla, telah memberikan kultur yang berbeda dan mengubah warna pesepakbolaan kita. Sehingga kita tahu persis ke arah mana nanti kita melakukan pembinaan untuk pemain sepak bola Indonesia," kata Edy. 

"Saat ini Milla sedang pulang ke Spanyol untuk berlibur. Segera juga kami akan melakukan negoisasi terkait perpanjangan kontrak dirinya. Namun, bila ia tidak mau, kami juga telah siapkan pengganti," ujar Edy.

Selain itu, PSSI juga menunjuk asisten pelatih Timnas, Bima Sakti, untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-15, Fakhri Husaini memegang Timnas U-17 yang saat ini masih bernama Timnas U-16, dan Indra Sjafri masih memegang Timnas U-19.

"Kami perlu Bima Sakti untuk membina pemain muda, apalagi dia sudah punya lisensi A AFC. Nanti yang mendampingi Luis Milla di Timnas Senior akan kami carikan. Untuk coach Fakhri besok timnya akan berangkat ke Malaysia sebagai persiapan Piala AFC U-16. Dan coach Indra pada bulan Oktober mendatang bersama Timnas U-19 akan berjuang ikut Piala AFC U-19. Kami harapkan semua jenjang usia Timnas ini selalu siap mengikuti turnamen dan bisa menggoreskan nama baik pesepakbolaan Indonesia di Asia," papar Edy.

Luis Milla mulai melatih Timnas Indonesia pada Januari 2017. Selain ajang Asian Games 2018, Milla juga pernah membawa Timnas U-22 meraih perunggu di ajang SEA Games 2017 di Malaysia. Selain itu juga beberapa kali melatih Timnas Indonesia Senior di ajang uji coba internasional.

Milla mendapat dukungan dari suporter meski Indonesia gagal di Asian Games 2018. Usai Timnas U-23 terhenti di babak 16 besar lewat drama adu penalti dengan skor 4-3 dari United Arab Emirates, Jumat (24/8/2018), pendukung Timnas Indonesia berharap PSSI tetap mempertahankan Milla.

Mereka pun ramai-ramai berkomentar pada akun resmi Instagram PSSI dengan menulis hastag #saveluismilla.

Mereka juga melihat sejak kedatangan Luis Milla dan melatih timnas, permainan Timnas Indonesia semakin membaik.*