August 03, 2018

Sanksi Ezechiel, Umuh Sebut PSSI Gembosi Persib Bandung

BolaGP Sport   August 03, 2018   Follow @bolagpsport
Sanksi Ezechiel, Umuh Sebut PSSI Gembosi Persib Bandung
Persib Bandung kembali harus kehilangan pemainnya karena sanksi PSSI. Setelah Bojan Malisic dan Hariono dilarang di dua pertandingan, kini giliran striker Ezechiel N'Douassel yang mendapatkan sanksi serupa.

Ezechiel disanksi larangan bertanding dalam dua laga plus denda Rp20 juta. Penyerang asal Chad itu dinyatakan bersalah karena memukul pemain lawan pada laga tandang Persib di markas Barito Putera, Stadion 17 Mei, Banjarmasin, 22 Juli 2018.

Ezechiel mendapat hukuman larangan bertanding dalam dua laga saat Persib berhadapan dengan Sriwijaya FC, 4 Agustus 2018 dan dijamu Mitra Kukar, Jumat 10 Agustus 2018.

Manajer Persib Umuh Muchtar berang ketika mengetahui Ezechiel dijatuhi sanksi.

Padahal, Ezechiel baru saja absen saat Persib dijamu PS TIRA, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (30/7/2018), karena akumulasi kartu kuning.

Umuh mengatakan, sanksi tersebut terlalu mengada-ngada, dengan tujuan menggembosi Persib yang kini bercokol di puncak klasemen sementara Liga 1 2018.

"Ini terlalu mengada-ngada, terlalu dibuat-buat. Kenapa Persib sepertinya mudah sekali mendapatkan sanksi, kenapa pemain di tim lain ada yang melakukan pelanggaran lebih parah tidak disanksi, bahkan ada yang berantem waktu pertandingan Arema FC melawan Mitra Kukar," kata Umuh dilansir laman resmi Viking Persib.

PSSI Sanksi Ezechiel, Umuh Curiga PSSI Gembosi Persib Bandung
Umuh mencontohkan, salah satu pemain yang seharusnya mendapatkan sanksi, seperti Ismed Sofyan. Dalam duel Persija Jakarta vs Bali United pekan ke-16 Liga 1, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Kamis (17/7) lalu, Ismed menendang bola ke arah wasit.

Insiden itu terjadi saat laga memasuki menit ke-89. Kejadian bermula saat Ismed berusaha berebut bola udara dengan pemain tengah Bali United, M Taufiq. 

Ismed didakwa melakukan pelanggaran oleh wasit Armyn Dwi Suryathi asal Sumatera Selatan. Kapten Persija ini dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi.

Ismed kemudian menendang bola ke arah wasit, tetapi untungnya tak mengenai sang pengadil. Imbasnya, Ismed diganjar kartu kuning yang langsung disambut dengan kemarahan dengan gumam di mulutnya dan aksi melepaskan ban kapten di tangannya.

Atas insiden ini, Ismed bisa saja mendapat sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Merujuk pasal 50 ayat 1a tentang tingkah buruk terhadap perangkat pertandingan, maka Ismed seharusnya diberikan hukuman. Namun, hingga kini Komdis tak mengeluarkan hukuman.

"Miris saya melihat ini, karena di Indonesia ini kan banyak pelatih dan pemain asing, mereka pasti cerita ke rekan di negaranya, di Indonesia seperti ini. Ini sudah tidak benar, tidak adil," keluh Umuh.

Umuh mempertanyakan aturan yang dipakai PSSI dalam urusan sanksi. 

"Seharusnya kan kalau yang namanya hukuman, datangkan dulu pemainnya dimintai dulu keterangan, baru dijatuhkan hukuman. Kalau ini kan tidak. Saya juga tidak mengerti padahal di komdis kan ada Yusuf Bachtiar (mantan pemain Persib) kenapa dia tidak membantu?" tanya Umuh.

Umuh berencana mengumpulkan para pemain dan pelatih guna membahas sanksi tersebut karena Persib terlalu sering mendapatkan sanksi. 

"Mungkin besok saya akan kumpulkan pemain, kita akan bahas ini, karena terlalu sering mendapat sanksi, ini jelas merugikan karena posisi kita sedang di atas, ini seperti digembosi," tuntas Umuh.

Para pemain Maung Bandung yang sudah mendapatkan sanksi PSSI sejauh ini adalah Ezechiel N'Douassel, Supardi Nasir, Oh Inkyun, Bojan Malisic, dan Hariono. Selain sanksi larangan bermain, mereka juga disnaksi denda.*

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

No comments:

Post a Comment