Bawa 21 Pemain ke Bandung, Arema FC Antisipasi Umpan Silang Persib

Bawa 21 Pemain ke Bandung, Arema FC Antisipasi Umpan Silang Persib
Pelatih Arema FC Milan Petrovic membawa 21 pemain ke Bandung untuk berlaga melawan Persib Bandung pada pekan ke-21 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kamis (13/9/2018).

Empat pemain yang memperkuat Timnas Indonesia --Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi, Alfin Tuasalamony, Dedik Setiawan-- turut masuk dalam daftar skuat yang akan dimainkan. Keempatnya akan langsung ke Bandung usai laga uji coba Timnas melawan Mauritius, Selasa (11/9). 

"Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan mereka di timnas besok, jadi kita bawa mereka serta, tapi kami juga bawa pemain lebih banyak sebagai antisipasi, kami bawa 21 pemain ke Bandung," ujar Petrovic dilansir laman Wearemania.

Dari 21 pemain yang dibawa pelatih asal Serbia itu, ada dua pemain yang sama sekali belum pernah dipasang di Liga 1 2018, yakni Agil Munawar dan Jayus Hariono.

"Tak ada jaminan apakah empat pemain timnas itu akan bermain atau tidak, karena semua pemain punya peluang bermain yang sama, kami juga mempunyai rencana a, b, dan c, tentunya 11 pemain dengan level kondisi terbaik yang akan saya turunkan lawan Persib nanti," kata Milan.

Tak ada nama Johan Farizi, Rivaldy Bawuo, dan Arthur Cunha dalam daftar 21 pemain yang dibawanya ke Bandung.

Petrovic tak mau memaksakan ketiga pemain andalannya itu turun.

Sebelumnya, Farizi mengalami sakit demam, meski dalam sepekan terakhir sudah menjalani program pemulihan kebugaran fisiknya. Sementara Arthur yang mengalami cedera hamstring dan Rivaldy juga masih harus menjalani program pemulihan cedera lebih lama lagi.

"Farizi punya masalah di kebugarannya, dan Arthur dan Rivaldy belum pulih 100 persen, saya pikir terlalu riskan jika membawa mereka berdua ke Bandung," ungkap Petrovic.

Sebagai pengganti Farizi, kemungkinan besar Bagas Adi yang saat ini masih berlatih di timnas disiapkan sebagai penggantinya. Sedangkan Israel Wamiau bakal menempati posisi Arthur sebagai stopper bersama Hamka Hamzah.

"Mungkin mereka bisa bermain di laga selanjutnya saat menghadapi Madura United, semoga mereka segera pulih," imbuhnya.

Dendi Santoso mengalami cedera dalam sesi latihan pekan lalu, namun ia tetap dibawa meski baru pulih dari cederanya dan mungkin bakal menempati posisi Rivaldy.

"Dendi tetap kami bawa ke Bandung, tapi mungkin dia tidak masuk dalam starter line-up awal melawan Persib," pungkasnya.
Dalam laga nanti, Arema FC mewaspadai sektor sayap Maung Bandung. Pasalnya, Persib sering memanfaatkan umpan silang untuk menjebol gawang lawan.

Skema permainan Persib itu membutuhkan kekompakan di barisan pertahanan, dan kejelian kiper dalam mematahkan umpan silang lawan.

Menurut asisten pelatih Arema FC, Yanuar Hermansyah, antisipasi itu berdasarkan hasil pengamatannya melalui rekaman pertandingan Persib.

“Yang saya lihat, Persib mempunyai intensitas menyerang tinggi. Mereka kerap mengandalkan cut-back dan crossing,” ungkap Begal.

“Misal nantinya dengan kondisi pemain belakang kami yang rapat, kemungkinan mereka melakukan penetrasi lalu bola dilempar lagi ke sayap, baru diangkat lagi dengan crossing, ini yang wajib diwaspadai.”

Daftar Pemain Arema FC yang dibawa ke Bandung
  1. Srdan Ostojic, 
  2. Utam Rusdiana, 
  3. Hamka Hamzah, 
  4. Israel Wamiau, 
  5. Ricky Ohorella, 
  6. Agil Munawar, 
  7. Hendro Siswanto, 
  8. Muhammad Rafli, 
  9. Makan Konate, 
  10. Dendi Santoso, 
  11. Ridwan Tawainella, 
  12. Ahmad Nur Hardianto, 
  13. Jayus Hariono, 
  14. Juan Revi, 
  15. Sunarto, 
  16. Nasir, 
  17. Jefri Kurniawan, 
  18. Bagas Adi Nugroho, 
  19. Alfin Tuasalamony, 
  20. Hanif Sjahbandi, 
  21. Dedik Setiawan.