September 25, 2018

BOPI Hentikan Liga 1 2018 Pekan Ini Setelah Tragedi GBLA

BolaGP Sport | September 25, 2018 |

BOPI Hentikan Liga 1 2018 Pekan Ini Setelah Tragedi GBLA
Badan Olahraga Profesional (BOPI) meminta kompetisi Liga Indonesia dihentikan hingga PSSI bersikap tegas dan menghentikan liga pekan ini setelah tragedi pengeroyokan di Stadion GBLA.

BOPI meminta kompetisi Liga Indonesia dihentikan sementara hingga masalah tuntas.

BOPI mendesak PSSI untuk memberikan sanksi tegas kepada klub setelah suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila, tewas dikeroyok oknum bobotoh Persib Bandung, Minggu (23/9). 

BOPI memberikan waktu maksimal sepekan kepada PSSI untuk memberikan sanksi tegas terhadap klub. Selama masa itu, liga dibekukan.

Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera, mendesak kepada PSSI untuk mengeluarkan sanksi yang tegas dan nyata atas kejadian tersebut. BOPI meminta agar kompetisi dihentikan mulai besok, Selasa (25/9/2018) sampai PSSI bisa menyelesaikan masalah itu.

"BOPI sangat mengutuk keras. Kejadian ini bukan pertama kali, tapi tak pernah ada sanksi tegas. Untuk itu kami menyampaikan beberapa sikap. Kami meminta agar kompetisi dihentikan selama seminggu sampai permasalahan ini diselesaikan oleh PSSI," ujar Richard kepada pewarta di Kantor Kemenpora, Senin (24/9/2018).

Jika sampai seminggu, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru tak mengambil langkah-langkah konkret, maka BOPI akan mencabut rekomendasi bergulirnya kompetisi tanah air.

Berikut Pernyataan BOPI:

1. Mengutuk keras insiden di GBLA dan berharap ini menjadi yang terakhir dalam dunia olahraga profesional di Tanah Air

2. Meminta PT LIB dan PSSI bersikap sangat serius menangani kasus ini karena sejumlah kasus serupa sebelumnya telah terjadi tapi tidak diikuti dengan langkah pemecahan masalah yang konkret. Jika PSSI dan PT LIB gagal menangani masalah ini dalam waktu 1 pekan, BOPI maka akan kami mempertimbangkan pencabutan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional di Tanah Air

3. Meminta klub-klub peserta liga lebih aktif menertibkan kelompok suporternya, termasuk melakukan pembinaan secara lebih intens dan menyeluruh

4. Meminta semua elemen suporter sepak bola di Indonesia menghentikan permusuhan dan fokus membangun kompetisi sepak bola profesional yang lebih mandiri, profesional, dan bermartabat.

5. Mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk tidak menyebarkan gambar atau video terkait insiden di GBLA maupun di stadion lain karena hanya akan memperkeruh suasana, meningkatkan tensi ketegangan, dan semakin menimbulkan persepsi negatif tentang kompetisi sepak bola profesional di Tanah Air.

6. Mengajak seluruh elemen olahraga profesional untuk terus meningkatkan kedewasaan dan sikap toleran agar kegiatan olahraga profesional dapat terus berjalan dengan tata kelola yang semakin baik, mandiri, dan profesional.

Persija Menolak

Persija Jakarta keberatan dengan permintaan BOPI yang menginginkan kompetisi sepak bola di Indonesia berhenti.

"Saya tidak punya kewenangan, tapi saya pikir [keputusan BOPI] harus dipikir ulang. Karena memberhentikan sebuah kompetisi yang sudah terjadwal dari lama dan sudah dilaporkan ke AFC maupun FIFA, itu perlu pertimbangan masak-masak," kata Direktur Utama PT Persija Jakarta, Gede Widiade.

"Apakah kejadian kemarin itu bisa mengakibatkan hal tersebut [kompetisi berhenti sementara], saya tidak punya kewenangan untuk menjawab."

Gede berpendapat agar kasus Haringga tidak dibesar-besarkan lagi. Ia mengatakan pemberitaan yang berlebihan tidak akan menghidupkan kembali pemuda berusia 23 tahun tersebut.

"Yang paling pasti adalah kita mencari hikmah dari kejadian ini, kita lihat saja apa yang telah dilakukan panpel, PSSI, dan polisi. Yang paling pasti kan dari kepolisian. [Kepolisian] sudah melakukan pengamanan, terjadi kejadian, langsung melakukan tindakan dengan ditahannya 13 terduga pelaku penganiayaan," ucap Gede.

"Jadi tolong media sampaikan bahwa yang dimintai keterangan itu belum tentu orang yang melakukan, mungkin masih terduga. Jadi praduga tidak bersalah kita kedepankan. Apakah telah terjadi korban? Ya. Apakah telah terjadi pengamanan yang maksimal? Sudah," imbuhnya.

Selain itu, Gede berjanji Persija akan mengawal kasus Haringga sampai akhir. Tak hanya itu, Gede juga berkeinginan agar video jasad Haringga yang terlanjur viral bisa dihilangkan.

"Menurut saya, yang perlu dihentikan sekarang adalah [video] viral kejadian tersebut, supaya rasa kebencian dan marah itu hilang. Jadi bantu kami agar video viral dihentikan. Lalu ujaran kebencian juga tolong dikurangi, kalau bisa diberhentikan," ujarnya. (detik.com/cnnindonesia.com).*

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments:

Post a Comment