September 27, 2018

Jelang Lawan India, Timnas Indonesia U-16 Diminta Lupakan Piala Dunia U17

BolaGP Sport | September 27, 2018 |

Jelang Lawan India, Timnas Indonesia U-16 Diminta Lupakan Piala Dunia U17
Tim Nasional Indonesia U-16 tinggal selangkah lagi lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-16 2018. Di laga terakhir fase grup, Indonesia akan menghadapi India, Kamis (27/9/2018) malam.

Timnas U-16 saat ini memimpin klasemen Grup C Piala Asia U-16 dengan koleksi empat poin. Angka tersebut diraih dari kemenangan atas Iran di laga pertama dan kemudian berimbang kontra Vietnam.

India sejauh ini juga mengumpulkan empat poin usai mengatasi Vietnam dan mengimbangi Iran. Hanya selisih gol yang membedakan Indonesia dan India.

Hasil imbang cukup untuk meloloskan India dan Indonesia ke babak perempatfinal. Tambahan satu poin membuat Indonesia dan India takkan terkejar oleh Vietnam dan Iran yang sejauh ini baru punya satu poin.

Namun, pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini tak serta merta cuma mau anak asuhnya bermain aman, melihat tiga poin adalah cara terbaik mengamankan kelolosan. 

India sendiri juga tak terlalu istimewa kiprahnya, mengingat baru bikin satu gol dan satu-satunya gol itu tercipta dari titik penalti.

India sendiri sudah mengindikasikan akan bermain hati-hati. Ini bisa jadi tantangan ekstra untuk timnas U-16, karena ada potensi besar lawan bakal bermain pasif dan bertahan dengan rapat.

Pertandingan India vs Indonesia akan berlangsung di stadion nasional Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018). Timnas U-16 bisa tampil dengan kekuatan penuh untuk laga itu.

Saat Indonesia ditahan Vietnam 1-1, Fakhri Husaini tak bisa menampilkan kekuatan terbaik karena Mochammad Supriadi mengalami masalah pada otot kakinya.

Supriadi cuma bisa bermain dalam 5 menit akhir, yang membuat kualitas serangan sayap Indonesia menurun.

"Alhamdulilah cukup baik. Supri yang kemarin belum 100 persen, perkembangannya cukup baik," kata Fakhri.

"Sampai sejauh ini tak ada pemain yang cedera serius. Kartu juga tidak ada, ada yang kartu kuning tapi tak ada yang akumulasi kartu," lanjut Fakhri.

Fakhri juga meminta para pemainnya untuk tidak memikirkan Piala Dunia U-17. Bagus Kahfi dan kawan-kawan diinstruksikan untuk fokus menghadapi India pada laga terakhir Grup C Piala AFC U-16 2018.

"Saya sampaikan ke pemain bahwa tugas kami adalah menyelesaikan pertandingan melawan India, bukan memikirkan Piala Dunia," kata Fakhri seperti dikutip dari Antara.

Pelatih asal Aceh itu mengatakan timnas U-16 Indonesia tidak terbebani dengan harapan masyarakat yang menginginkan timnya melaju ke Piala Dunia. Baginya, asa tinggi dari masyarakat hal wajar.

Pasalnya, timnas U-16 Indonesia sudah mendapatkan dukungan dan perhatian dari rakyat Indonesia sejak dibentuk pada 2017 sampai saat ini. "Antusiasme dan doa masyarakat menjadi bagian dari pencapaian kami selama ini," ucap Fakhri.

Seandainya lolos ke perempat final dan mengalahkan lawannya di fase itu, maka timnas U-16 Indonesia akan lolos ke semifinal Piala AFC U-16 2018. 

Ini artinya Indonesia berhak tampil di Piala Dunia U-17 2019 sebagai salah satu dari empat timnas U-16 terbaik di Asia.

Jadwal Siaran Langsung Piala Asia U-16

Jadwal Siaran Langsung Piala Asia U-16

India vs Indonesia
Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia
Kick-off: 19.45 WIB
Siaran Langsung MNC TV

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments:

Post a Comment