Kalahkan Uni Emirat Arab 1-0, Indonesia ke Perempat Final Piala AFC U-19 2018

HT: Indonesia vs Uni Emirat Arab 1-0 Piala AFC U-19 2018
FT: Indonesia vs Uni Emirat Arab 1-0 Piala AFC U-19 2018

Timnas Indonesia U-19 menang 1-0 atas Timnas Uni Emirat Arab U-19 pada pertandingan penyisihan Grup A Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (24/10/2018) pukul 19.00 WIB.

Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak Witan Sulaeman.

Timnas U-19 langsung bermain ngotot sejak awal. Sejumlah peluang diciptakkan Egy Maulana dkk, namun hanya satu gol yang berhasil diciptakan.

Skuat Garuda Muda harus bersusah payah berduel dengan para pemain UEA yang memiliki postur lebih tinggi.

Timnas U-19 memberikan ancaman pertama di menit ke-12. Tandukan Hanis Saghara masih melambung usai memanfaatkan umpan silang Firza Andika.

UEA yang bermain agak bertahan, dimaksimalkan Timnas U-19 yang mengurung pertahanan lawan. Tapi Timnas U-19 masih kesulitan menembus jantung pertahanan UEA.

Memasuki menit ke-17, giliran UEA yang mengancam melalui tendangan mendatar M Rashid. Beruntung bola masih melebar ke sisi kiri gawang.

Timnas U-19 memecah kebuntuan di menit ke-23 melalui aksi apik Witan Sulaeman yang memanfaatkan blunder lini pertahanan UEA.

Witan mampu merebut bola dari bek UEA. Dia kemudian berlari kencang ke kotak penalti lawan dan melepas tendangan terukur.

Timnas U-19 unggul 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, UEA meningkatkan serangannya ke kubu Indonesia. Serangan bergelombang UEA membuat lini pertahan Indonesia terpaksa melakukan pelanggaran.

Di menit ke-50,  Nurhidayat yang sudah mendapatkan kartu kuning dianggap melakukan pelanggaran keras sehingga harus menerima kartu kuning kedua. Indonesia pun bermain dengan 10 pemain sejak menit 53.

Di menit 56, pelatih Timnas U-19 menarik Saddil Ramdani untuk digantikan Indra Mustafa guna memperkuat lini belakang.

Indonesia juga harus kehilangan Egy Maulana yang cedera di meni 67 dan dihantikan M Rafi Syarahil. 

Kebuntuan UEA mencetak gol penyama kedudukan membuat para pemainnya tampak frustrasi. Indonesia yang harus bermain dengan 10 pemain mulai bisa keluar menyerang dan berkali-kali mengancam gawang UEA.

Kubu Uni Emirat Arab memasukkan pemain menyerang lainnya guna memecah kebuntuan, namun gagal membuat gol penyeimbang skor.

Timas Indonesia U-19 berhasil memertahankan keunggulan 1-0 hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Indonesia memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala AFC U-19 2018 bersama Qatar yang di waktu yang sama menang 4-0 atas China Taipe (Taiwan). UEA dan Taiwan tersingkir.

Dengan kemenangan ini, Indonesia mengumpulkan enam poin. Raihan angkanya sama dengan Qatar dan UEA. Dengan regulasi hitung-hitungan klasemen, Qatar menjadi juara grup, Indonesia runner-upnya.

Sebagai runner up Grup A, Indonesia U19 akan bertemu dengan juara Grup B, Jepang U19 di Babak Perempatfinal Piala AFC U-19 yang akan dilangsungkan Minggu 28 Oktober (Kick off 19.30 WIB) di SUGBK.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19:
M. Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat HH, Rahmat Irianto, Firza Andika; Wita Sulaiman, M. Lutfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani (Indra Mustafa 56'); Egy Maulana Vikri (M Rafi Syarahil 67'), Hanis Saghara (Todd Rivaldo Ferre 46').

UEA U-19: Suhail A; Yousif Ali, Ahmad Jamil, Omar Ahmad, M. Alharbi, Abdelrahman Saleh; Eid Khamis, Madjid Rashid; Ali Saleh, Ahmad Fawzi, Abdulla Alnaqbi.

Gol Witan Sulaeman (23')