Lawan Persib Bandung, Persebaya Tanpa David da Silva dan Robertino Pugliara

Lawan Persib Bandung, Persebaya Tanpa David da Silva dan Robertino Pugliara
Persebaya Surabaya kehilangan dua pemain asingnya, striker David da Silva dan gelandang Robertino Pugliara, saat dijamu Persib Bandung pada laga pekan 26 Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali, Sabtu 20 Oktober 2018.

Kedua pemain mengalami cedera, bahkan Pugliara dipastikan tidak bisa lagi bermain hingga akhir musim 2018.

Pugliara mengalami cedera saat laga Persebaya Surabaya menjamu Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (13/10/2018). Robertino Pugliara mendapat tekel keras dari pemain Borneo FC, Wahyudi Hamisi di menit ke-20.

Akibatnya, gelandang Persib Bandung pada ISC 2016 tersebut harus ditandu keluar dan dibawa ke rumah sakit setelah alami tekel keras.

Mantan pemain Pesib dan Persipura itu dinyatakan pecah tulang fibula hingga membuatnya menepi beberapa bulan.

Dalam akun Instagram miliknya, ia mengatakan kiprahnya di Liga 1 musim ini sudah selesai.

"Saya harus mengkomunikasikan bahwa pertarungan saya telah selesai musim ini," tulisnya.

"Pertama-tama saya ingin berterima kasih kepada semua pendukung meski saya tak bisa menjawab tapi saya membaca semua."

"Tadi malam saya dinyatakan pecah tulang fibula dan membuat keluar lapangan selama beberapa bulan."

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman (Djanur) sangat menyesalkan cedera yang menimpa Robertino.

“Dia tampaknya cedera cukup serius. Situasi ini semakin sulit, semakin banyak pemain yang tidak bisa tampil karena cedera,” kata Djadjang Nurdjaman dilansir BolaSport dari laman resmi Persebaya.

Kini praktis Persebaya Surabaya hanya memiliki satu pemain asing, yakni Otavio Dutra.

Menghadapi laga berikutnya kontra Persib Bandung, Djanur tidak ingin memasang target muluk melawan tim yang pernah dilatihnya itu.

Djanur mengaku ingin memperbaiki semua kekurangan timnya terlebih dulu. Pelatih asal Majalengka itu tidak mengelak laga melawan Persib bisa menjadi kesempatan mendulang poin karena calon lawannya itu juga tengah terpuruk dengan kehilangan tiga pemain asingnya sekaligu karena sanksi PSSI --Ezechiel N'Duoassel, Jonathan Bauman, Bojan Malisic.

Dengan kondisi skuat yang kurang lengkap, Djanur mengaku bakal mencari cara untuk memaksimalkan tim. Dia ingin di laga melawan Persib bisa mendapat poin pengganti setelah tumbang di kandang.

"Saya harus memaksimal (striker) Rishadi Fauzi untuk lebih baik lagi. Mudah-mudahan Persebaya bisa mendapat poin saat lawan Persib sebagai ganti," ucapnya.

Striker Persebaya, David da Silva dipastikan bakal absen untuk jangka waktu yang lama. Dia akan masuk ke meja perawatan selama dua pekan akibat cedera lutut.

Cedera itu didapat oleh Da Silva saat tampil membela timnya melawan Arema FC, Sabtu (6/10/2018). Dia bebeberapa kali mendapat pengawalan ketat dari pemain lawan sehingga mengalami masalah ini.

Tanpa kehadiran Da Silva, Persebaya diyakini akan kekurangan sentuhan di lini depan. Apalagi, tim berjulukan Bajul Ijo itu tidak memiliki pemain pelapis yang sepadan, meski masih punya Rishadi Fauzi dan Ricky Kayame.

“Saya sudah mengimbau kepada pemain untuk tetap semangat. Kami punya keinginan kuat menangkan memenangkan laga kandang. Kami juga sepakat mentalitas seperti ini akan bisa berpengaruh di Stadion Gelora Bung Tomo di hadapan Bonek,” kata Djanur.*