Lawan Persib, Persebaya Siapkan Skema Baru Tanpa 8 Pemain Pilar

Lawan Persib, Persebaya Siapkan Skema Baru Tanpa 8 Pemain Pilar
Persebaya Surabaya kehilangan delapan pemain saat dijamu Persib Bandung pada laga pekan ke-26 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (20/10/2018).

Sejumlah pemain absen karena cedera dan sanksi larangan bermain. Persebaya kehilangan lima pemain karena cedera --Robertino Pugliara, Nelson Alom, Raphael Maitimo, Izaac Wanggai, dan David da Silva.

Persebaya juga tak bisa memainkan Rachmat Irianto yang membela Timnas U-19. Fandry Imbiri masih menjalani sanksi Komisi Disiplin PSSI. Bek naturalisasi O.K. John juga harus absen lantaran akumulasi kartu.

Namun, dilansir laman resmi Persebaya, kehilangan banyak pemain tidak membuat Persebaya kehilangan kepercayaan diri. Green Force sudah menyiapkan skema terbaik guna membawa pulang poin dari laga kontra

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman (Djanur), mengaku sudah mengantongi Starting XI dengan skema baru untuk melawan Persib.

“Saya sudah siapkan beberapa opsi, termasuk perubahan komposisi sebagai persiapan melawan Persib,” kata Djanur.

"Saya sudah mengantongi pemain pilihan untuk mengisi starting eleven. Sudah ada di benak saya,” imbuhnya.

Barisan pertahanan Persebaya menyisakan tiga bek tengah, yakni Otavio Dutra, M. Syaifuddin, dan Andri Muliadi. 

Lawan Persib, Persebaya Siapkan Skema Baru Tanpa 8 Pemain Pilar
“Tinggal itu pilihannya. Saya pikir tidak ada masalah, ketiganya sudah siap. Semua opsi sudah saya coba, tinggal nanti menentukan pada hari H-nya. Karena masih ada dua hari,” jelasnya.

Untuk lini depan, Djanur memastikan satu tempat untuk Irfan Jaya yang baru kembali dari Timnas.

"Irfan tidak ada masalah, dia kan main di timnas Indonesia kemarin. Saya percaya dengan kondisinya meski tidak latihan disini. Jadi sangat mungkin untuk diturunkan menjadi starter,” ungkapnya.

Djanur juga menyiapkan pemain sayap, Osvaldo Haay, untuk menempati posisi striker. Pemain berusia 20 tahun itu sangat mungkin menjalani peran sebagai false nine saat tampil melawan Persib.

Osvaldo akan menggeser striker murni Rishadi Fauzi dan Riky Kayame.

“Saya merasa kurang puas dengan penampilan lini depan sebelumnya. Jadi, kami membuat opsi lain, siapa tahu akan jadi semakin lebih baik. Sebenarnya, kami masih punya waktu dan membuka banyak kemungkinan,” ungkap Djanur.

Riky sepertinya bakal menempati posisi sayap saat menantan Persib. Djanur ingin memanfaatkan kecepatan dan kemampuan melakukan penetrasi ke jantung pertahanan lawan yang dimilikinya.

“Sekarang kami sebenarnya sudah mengantongi starting eleven pertandingan nanti. Tapi, saya sudah menyiapkan berbagai opsi supaya banyak kemungkinan yang bisa saya gunakan, termasuk perubahan komposisi di beberapa hal,” tandas Djanur.*