Persib Bandung Nyaris Sempurna sebagai Klub Profesional Lisensi AFC

Persib Bandung mendapatkan predikat Klub Profesional dan dinyatakan lolos 48 dari 49 kategori penilaian.


Persib Bandung Nyaris Sempurna sebagai Klub Profesional Lisensi AFC
PERSIB Bandung nyaris sempurna sebagai Klub Profesional lisensi AFC, setelah permohonan banding satu kategori diterima oleh Club Lisensing Appeal Committee (CLAC).

Sebelumnya, dalam Surat Keputusan CLC Nomor 002/CLC-PSSI/X/2018, Persib mendapat predikat Klub Profesional setelah lolos 47 kategori dari 49 kategori penilaian CLC.

Dua kategori yang tidak dinyatakan lolos adalah pada Kriteria C, tepatnya kategori Club Technical Director dan Club Youth Academy. 

Kategori inilah yang dibanding oleh Persib karena Diklat Persib yang didirikan sejak 2013 sudah berada di bawah PT Persib Bandung Bermartabat.

Permohonan banding Persib dalam surat tertanggal 17 Oktober 2018 diteruskan oleh CLC kepada CLAC.

Dilansir laman resmi klub, Selasa (23/10/2018), berdasarkan Surat Putusan bernomor 003/CLAC/PSSI/X/2018 yang ditandatangani Ketua CLAC, Emmy Yatmini, CLAC memutuskan menerima permohonan banding Persib dan memerintahkan kepada Club Licensing Department untuk memberikan salinan surat keputusan kepada Komite Eksekutif PSSI.

Dengan keputusan CLAC tersebut, Persib tetap mendapatkan predikat Klub Profesional dan dinyatakan lolos 48 dari 49 kategori penilaian dalam 3 Kriteria.

Selain Persib, klub Liga 1 2018 lainnya yang sudah mendapatkan lisensi klub profesional antara lain PSM Makassar, Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, dan Borneo FC. Predikat ini diperlukan agar klub-klub tersebut bisa bermain di ajang Liga Champions Asia atau Piala AFC.*