Persib Bandung Resmi Meraih Predikat Klub Profesional AFC

Persib Bandung Raih Predikat Klub Profesional AFC
PERSIB Bandung secara resmi meraih predikat klub profesional AFC (Asian Football Confederation).

Lisensi Persib sebagai klub sepakbola profesional itu dipastikan melalui surat yang dirilis Club Licensi Committee (CLC) PSSI tertanggal 15 Oktober 2018.

Dalam surat bernomor 002/CLC-PSSI/X/2018 itu, CLC menyatakan telah menerima berkas permohonan lisensi Maung Bandung dan telah melakukan verifikasi atas pengajuan itu.

Dilansir laman resmi klub, Selasa (16/10/2018), dua butir keputusan CLC yang tertuang di dalam surat tersebut meliputi:
  1. Menerima permohonan lisensi klub profesional dari klub PERSIB Bandung dan memberikan lisensi klub profesional kepada klub PERSIB Bandung.
  2. Memerintahkan kepada Club Licensing Department untuk memberikan salinan keputusan ini kepada Komite Eksekutif PSSI untuk dipastikan pelaksanaannya. 

Sebagaimana yang diatur dalam regulasi, terdapat lima hal yang menjadi aspek pertimbangan pengajuan lisensi klub profesional, yakni aspek sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan finansial.

Tak hanya diakui sebagai klub profesional, Persib juga dinyatakan layak untuk berlaga di kompetisi level AFC di musim 2019.

Selain Persib, Borneo FC juga mendapatkan lisensi sebagai klub profesional dari AFC.

Musim lalu, AFC juga mengeluarkan daftar klub profesional di Asia. Di Indonesia terdapat lima klub yang mendapat lisensi sebagai klub profesional, termasuk Persib Bandung.

AFC mengungkapkan, dari Indonesia terdapat 18 klub yang mengajukan aplikasi untuk mendapatkan penilaian. Setelah berbagai pertimbangan, ada lima klub Indonesia yang dinyatakan sebagai klub profesional, yaitu Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, dan Madura United.*