Real Madrid Pecat Lopetegui, Conte Jadi Calon Pengganti

Real Madrid Pecat Lopetegui, Conte Jadi Calon Pengganti
Manajemen Real Madrid memecat pelatih  Julen Lopetegui hanya selang sehari setelah Madrid kalah 1-5 dari Barcelona di laga El Clasico, Minggu (28/10/2018).

Sebagai gantinya, Madrid mengincar Antonio Conte, pelatih asal Italia yang sukses membawa Juventus dan Chelsea juara liga.

Madrid secara resmi memecat Julen Lopetegui dari kursi pelatih di Santiago Bernabeu pada Senin (29/10/2018) atau Selasa dini hari WIB. Santiago Solari ditunjuk sebagai pelatih sementara (caretaker). 

Pemecatan Lopetegui tidak mengejutkan. Pasalnya, mantan pelatih timnas Spanyol ini hanya mencatatkan 6 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 6 kekalahan dari total 14 laga yang sudah dilalui Madrid. 

Dilansir situs resmi Real Madrid, Solari ditunjuk sebagai pelatih sementara. Mantan pemain Madrid ini akan mulai menangani tim utama pada Selasa (30/10/2018). 

Sebelumnya, Solari adalah pelatih tim B Real Madrid (Castilla). Sosok asal Argentina itu juga pernah memperkuat Madrid pada 2000-2005. 

Dalam pernyataan di situs resmi Madrid yang dikutip BolaSport.com, keputusan tersebut merupakan hasil rapat para petinggi klub. Keputusan itu diambil untuk mengubah nasib tim demi membawa Madrid meraih prestasi yang masih bisa dicapai musim ini. 

Pemecatan Lopetegui juga disebabkan ketimpangan kualitas pemain dengan hasil permainan. Ada delapan nomine Ballon d'Or di tim, tetapi hasil yang diraih klub kurang maksimal. Madrid juga menyatakan terima kasih kepada Lopetegui dan staf kepelatihannya. 

"Rapat dewan direksi Real Madrid hari ini, 29 Oktober 2018 telah menyepakati pembatalan kontrak Julen Lopetegui dengan klub. Keputusan ini, diadaptasi dari tanggung jawab level tertinggi, mengincar perubahan dinamika di tim utama, ketika semua target musim ini masih bisa diraih," pernyataan resmi Madrid.

"Klub berterima kasih kepada Julen Lopetegui dan seluruh tim tekniknya atas upaya dan kerja mereka, dan mendoakan yang terbaik dalam karier profesional mereka. Posisinya sementara akan digantikan oleh Santiago Solari, yang akan memimpin tim utama latihan pada besok Selasa," demikian pertanyaan tersebut.

Saat diumumkan sebagai pelatih baru Real Madrid, Lopetegui masih menjabat sebagai pelatih timnas Spanyol yang sedang bersiap untuk tampil di Piala Dunia 2018. Tak lama berselang, Lopetegui dipecat oleh federasi sepakbola Spanyol (RFEF).

Selama menjalani kariernya di Santiago Bernabeu, Lopetegui mencatat sejumlah catatan statistik yang baik dan buruk. 

Dilansir Opta, Lopetegui hanya memainkan 14 laga dengan Real Madrid dalam kapasitas sebagai pelatih dengan rekor enam kali menang, enam kali kalah, dan dua kali imbang.

Real Madrid berada di posisi ke-9 klasemen ketika Julen Lopetegui dipecat. Posisi ini adalah yang paling buruk bagi Real Madrid sejak tahun 2001/2002 atau 11 tahun yang lalu.*