Sikap Resmi Persib Bandung terhadap Sanksi PSSI

Sikap Resmi Persib Bandung terhadap Sanksi PSSI Terkait Tragedi GBLA
PERSIB Bandung mengeluarkan pernyataan resmi terkait sanksi Komdis PSSI terkait kematian seorang Jakmania di GBLA Minggu (23/9/2018).

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dalam sidangnya Senin (1/10/2018) menjatuhkan sanksi kepada Persib berupa bermain di luar Jawa (Kalimantan) tanpa suporter dan main tanpa penonton hingga putaran pertama musim 2019.

Melalui situs resminya, manajemen Persib menilai keputusan Komdis PSSI tidak adil.

"Menyikapi keputusan hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, 1 Oktober 2018 yang telah dirilis, PERSIB berpendapat bahwa semua butir hukuman yang dijatuhkan Komdis PSSI kepada PERSIB tidak menimbang semua fakta di lapangan, sama sekali tidak mencerminkan keadilan dan tidak memberikan solusi atas akar permasalahan yang ada," demikian awal pernyataan Persib.

"Kami telah mempelajari isi keputusan Komdis tersebut dan kami sangat keberatan atas hukuman yang dijatuhkan. Untuk selanjutnya kami akan segera mengajukan banding dan keberatan-keberatan tersebut akan kami sampaikan dalam memori banding kami."

Persib juga mengimbau kepada bobotoh untuk tenang, tetap santun, dan menjauhi provokasi di media sosial.

"Kepada Bobotoh yang kami cintai, kami mengimbau untuk tetap tenang dan menciptakan suasana yang kondusif di Bandung khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kami berharap agar Bobotoh tetap santun dan menjauhi provokasi di media sosial," demikian pernyataan resmi Persib.

Sebelunya, Komdis PSSI menjatuhkan sanksi berat kepada Persib atas insiden meninggalnya salah seorang suporter Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) beberapa waktu lalu. 

Dalam surat keputusan yang diterima manajemen Persib, Selasa (2/10/2018), Komdis menjatuhkan setidaknya 10 jenis sanksi. 

Salah satunya mengharuskan Persib menggelar pertandingan kandang di daerah netral dan tanpa penonton hingga kompetisi Liga 1 2018 berakhir.

Dalam suratnya tertanggal 1 Oktober 2018, Komdis PSSI menyatakan , Persib dihukum berupa pertandingan tanpa penonton di daerah netral (Kalimantan) pada laga home sampai akhir musim kompetisi 2018.

Hukuman laga kandang tanpa penonton tidak hanya berlaku hingga akhir musim 2018. Komdis pun menghukum Persib bertanding tanpa penonton di kandang hingga akhir paruh musim kompetisi 2019.

Persib berhak mengajukan banding.

Ezechiel N’Douassel Juga Kena Sanksi

Selain sanksi bagi Persib, Komdis PSSI juga menjatuhkan hukuman kepada striker Ezechiel N’Douassel. 

Pencetak 14 gol bagi Maung Bandung itu terkena hukuman larangan bermain sebanyak lima pertandingan.

Berdasarkan surat Komdis bernomor 137/L1/SK/KD-PSSI/X/2018, tertanggal 1 Oktober 2018, pemain asal Chad tersebut dianggap melakukan penyikutan dan dengan sengaja mendorong salah satu pemain Persija Jakarta pada laga pekan ke-23 Liga 1 di GBLA Minggu 23 September 2018.

Ezechiel dihukum larangan bermain pada pertandingan Persipura Jayapura vs Persib Bandung (6 Oktober 2018), Persib Bandung vs Persebaya Surabaya (17 Oktober), PSM Makassar vs Persib Bandung (23 Oktober 2018), Persib Bandung vs Bali United (27 Oktober 2018), dan Bhayangkara FC vs Persib Bandung (3 November 2018).

Selain Ezechiel, Jonathan Bauman dan Bojan Malisic juga mendapatkan hukuman larangan bermain. Bauman dihukum sebanyak dua kali sedangkan Mali sebanyak 4 kali.*