Prediksi Persebaya vs Persija - Minggu 4 November 2018

Prediksi Persebaya vs Persija - Minggu 4 November 2018
Prediksi Persebaya vs Persija - Minggu 4 November 2018 Pkl 15.30 WIB.

Persebaya Surabaya menjamu Persija Jakarta pada pertandingan pekan 29 Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (4/11/2018), mulai pukul 15.30 WIB.

Duel dua tim era perserikatan ini diprediksi sengit. Kedua tim sama-sama dalam tren positif usai menang di laga sebelumnya.

Persebaya membidik kemenangan bukan saja demi gengsi, tapi juga menjadi bagian dari usaha untuk terus menjauh dari ancaman zona degradasi dan merangsek ke papan tengah.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman alias Djanur, menginginkan para pemainnya jangan sampai membuat kesalahan.

"Jaga konsentrasi jangan sampai lengah. Apalagi Persija punya barisan depan yang tangguh," kata Djanur.

Eks pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan ini mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan skuat secara maksimal.

Djanur secara khusus meminta skuatnya menjaga striker Macan Kemayoran, Marko Simic. Pemain asal Kroasia itu dinilai sedang on-fire.

Oleh karena itu, barisan pertahanan Bajul Ijo wajib ekstra waspada. Jangan sampai kecolongan, termasuk berhati-hati menghindari pelanggaran di area 16 meter maupun kotak penalti.

"Kalau sampai Marko Simic dapat keleluasaan, bisa bahaya. Jadi harus ada kewaspadaan penuh," ujar Djanur.

Selain Marko Simic, tim pelatih Persebaya juga menaruh antisipasi terhadap Rohit Chand, Novri Setiawan, dan Ramdani Lestaluhu. Para pemain Persebaya harus melakukan pressing ketat terhadap mereka.

Meski dalam laga nanti Persija tanpa Renan Da Silva dan Riko (Simanjuntak, namun masih ada Rohit Chand, Novri Setiawan, dan Ramdani Lestaluhu.  "Persija tim yang berbahaya. Banyak (pemain) bahayanya,” kata Djanur lagi.

Da Silva yang berposisi sebagai playmaker bakal absen karena cedera. Riko dan Andritany Ardhiyasa harus absen karena membela timnas. Di Persebaya pun ada pemain yang absen karena agenda tim Merah Putih, Irfan Jaya.

"Kami akui meski away, mental pemain Persija cukup bagus. Itu yang akan kami antisipasi," tegasnya.

Persebaya saat ini ada di urutan ke-12 klasemen sementara. Dengan koleksi 35 poin. Hanya terpaut tiga poin dari PS Tira, tim teratas di zona degradasi.

Kubu Persija juga wajib menang untuk merebut kembali posisi peringkat kedua yang sudah diambil alih kembali oleh Persib Bandung.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra alias Teco, meminta skuatnya bermain percaya diri. Tidak perlu khawatir berbuat kesalahan, sehingga malah membuat permainan tidak berkembang.

Terpenting para pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaik. Selain itu sebisa mungkin bisa cepat mencetak gol, supaya mampu menguasai jalannya pertandingan.

"Persebaya tidak bisa diremehkan. Mereka selalu kuat, terutama saat bermain di depan suporternya yang fanatik," tutur Teco.

Laga kontra Persebaya menjadi ujian sesungguhnya bagi Persija setelah performa gemilang di Oktober. Bulan lalu, klub ibu kota ini menyapu seluruh laga dengan empat kemenangan.

Teco berharap konsistensi kemenangan empat pertandingan besok tetap terjaga.

“Tim punya modal konsisten saat ini apalagi tim tidak berpengaruh meski ada beberapa pemain absen. Ditambah persiapan kami oke, kami keras di latihan serta punya konsentrasi di latihan pasti di pertandingan lebih siap,” ujar Teco.

Pelatih asal Brasil ini mengakui bukan sesuatu yang mudah untuk menghadapi Persebaya di kandangnya. Mengingat mereka akan didukung puluhan ribu suporter fanatiknya.

“Tapi kami tetap siap mengingat kami terbiasa bermain suasana dengan tekanan suporter lawan mengingat kami beberapa kali bermain di tempat netral sehingga membuat pemain siap. Tidak hanya itu bermain di kompetisi AFC membuat menambah pengalaman pemain tersendiri bagi pemain,”tambahnya.

Terkait kekuatan tim Bajul Ijo yang tergerus karena beberapa pemain absen, Teco menilai masih banyak pemain Persebaya lain yang bisa menggantikan peran mereka.

“Ya kita tahu David da Silva dan Robertino Pugliara absen. Namun masih ada pemain Persebaya lainnya juga punya kualitas sama. Yang penting respek aja yang ada didalam lapangan kita harus kerja keras,” jelasnya.

Persija datang ke Surabaya dengan kekuatan 18 pemain, tim besutan Stefano Cugurra itu berkoar bisa meraih hasil maksimal saat melawan Persebaya di Stadi.

Selain tidak membawa dua pemain inti, kiper Andritany Ardhiyasa dan winger Riko Simanjuntak, yang harus membela timnas, Persija juga tanpa kapten tim Ismed Sofyan yang mengalami cedera.

Rezaldi Hehanusa yang juga absen karena cedera. Renan da Silva yang sebelumnya dikabarkan mengalami cedera, ikut dalam rombongan ke Surabaya.

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Andri Muladi, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Fandy Eko Utomo; Oktafianus Fernando, Rishadi Fauzi, Ferinando Pahabol.

Cadangan: Alfonsius Kelvan, Mochammad Syaifuddin, Irvan Febrianto, Rachmat Irianto, Riky Kayame, Fandry Imbiri, Muhammad Hidayat

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar; Rohit Chand, Jaimerson Xavier, Maman Abd, Michael Orah;
Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Renan da Silva; Novri Setiawan, Marko Simic, Osas Saha

Cadangan: Gianluca Rossy, Vava Mario Yagalo, Gunawan Dwi Cahyo, Asri Akbar, Fitra Ridwan, Bambang Pamungkas, Septinus Alua.

Head to Head Persebaya vs Persija

26/06/2018 Liga 1 - Persija 1-1 Persebaya
19/01/2015 Uji Coba - Persebaya 1-1 Persija

Sumber: persebaya.id, persija.id, liga-indonesia.id