December 27, 2018

logo bolagp sport

Daftar Akun Media Sosial yang Pemiliknya Dipanggil Komdis PSSI

Daftar Akun Media Sosial yang Pemiliknya Dipanggil Komdis PSSI BolaGP Sport
December 27, 2018

Daftar Akun Media Sosial yang Pemiliknya Dipanggil Komdis PSSI
PSSI memanggil 25 pemilik akun media sosial terkait dugaan pengaturan skor.

Pemanggilan dilakukan untuk menggali informasi.

Dilansir laman resmi PSSI, Kamis (27/12/20180, akun-akun tersebut ada di instagram dan twitter seperti pengamatsepakbola, garudarevolution, timnas.indonesia, footballnesia, siorangdalam, pakarbolaindonesia, lingkar.garuda, dan kepoball.

Para pemilik akun medos itu akan dipanggil Komite Disiplin PSSI pada 28-30 Desember 2018 di Rasuna Office Park, Jakarta. 

Kehadiran pemilik akun tersebut diharapkan PSSI dapat membantu untuk menginformasikan berbagai info terkait pengaturan skor pertandingan (match fixing). Mereka diharapkan menyertakan bukti-bukti yang akurat dan jelas. 

"PSSI akan terus memerangi match fixing atau match manipulation. Hal ini demi tercipta kompetisi yang sehat dan muaranya ke Tim Nasional Indonesia. PSSI pun berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk memberantas praktek-praktek semacam ini," tulis laman resmi PSSI.

Daftar Akun Media Sosial yang Pemiliknya Dipanggi Komdis PSSI

Berikut ini daftar akun media sosial yang pemiliknya dipanggi Komdis PSSI:

Pemanggilan tanggal 29 Desember
@footballnesia(twitter),
@Factasia Football(Youtube)
@siorangdalam(IG)
@garudarevolution(IG),
@kita.sepakbola(IG)
@kepoball(IG)
@beritatimnas.id (IG)
@caption_bola (IG)
@fans_bola_nasional (IG)
@lingkar.garuda(IG)
@mafiawasit(twitter)
@m.rusdai(IG)
@Marai Tuman (youtube)

Pemanggilan tanggal 30 Desember 2018
@MixedZoneClube(twitter)
@rotitv_ (IG)
@timnas.indonesia(IG)
@seputar_bola(IG)
@seputargaruda(IG)
@uberjakmania(twitter)
@Genyo TV (Youtube)
@darmanfauziii05(Twitter)
@garuda_media (IG)
@itsdhay (IG)
@pakarbolaindonesia
@pengamatsepakbola

Jumlah pemilik akun medsos yang akan dipanggil kemungkinan bertambah. Sebelumnya, PSSI meminta kepada pemilik 76 akun media sosial untuk menyerahkan bukti adanya dugaan pengaturan skor di sepak bola Indonesia.

Lembaga tertinggi sepak bola di Indonesia itu mengidentifikasi 76 akun media sosial mengunggah tentang dugaan terjadinya pengaturan skor.

"Komdis akan memanggil akun-akun itu dan meminta menyerahkan bukti untuk membantu proses penyelesaian kasus [pengaturan skor]. Jika ada hambatan atas proses yang dilakukan, PSSI akan melimpahkan dan meminta kepada kepolisian untuk meneruskannya," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Joko juga berharap akun media sosial itu bisa menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan masalah pengaturan skor. Terlebih lagi akun-akun itu memiliki jumlah pengikut yang banyak, bahkan hingga jutaan.

Menurut PSSI dengan laporan dan bukti yang diberikan pemilik akun-akun media sosial itu kerja Komdis akan terbantu. Lebih dari itu Komdis PSSI akan bisa lebih cepat mengambil keputusan.

Menurut Kepala Staf Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, pemanggilan akun-akun media sosial itu untuk menghindari terjadinya fitnah. Semua pihak yang terlibat bakal diproses secara hukum.

"Bukan kami melaporkan [akun itu ke kepolisian], tapi karena banyak akun-akun yang seperti mempunyai fakta [adanya tindak pengaturan skor] tapi tak punya akses untuk menyampaikan ke federasi maka kita mengundang mereka. Tapi kita harus adil apakah mereka punya bukti," ujar Iwan.*

Show comments
Hide comments