February 18, 2019

Pangeran Salman Siap Beli Manchester United, Saudi Bantah

Pangeran Salman dari Arab Saudi dikabarkan siap membeli Manchester United. Namun, pihak kerajaan membantahnya.

Niat pembelian saham terbesar MU itu didorong keinginan untuk menantang dominasi Manchester City yang saat ini dimiliki keluarga kerajaan Abu Dhabi, Sheikh Mansour.

Pangeran Salman Siap Beli Manchester United
Dilaporkan Bloomberg, Salman berusaha menggoda keluarga Glazers sebagai pemilik mayoritas saham United untuk menjual sebagian besar sahamnya sebelum musim depan bergulir.

Salman diklaim sudah menyiapkan dana sebesar £3,8 miliar atau sekitar Rp69,3 triliun untuk menguasai saham mayoritas klub berjuluk Setan Merah itu.

Putra Mahkota Saudi sudah memberikan penawaran pertama pada Oktober 2018. Kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi membuat Salman menundanya.

The Sun, melaporkan kepastian pembelian saham juga bergantung pada pencapaian akhir United di Liga Primer Inggris musim ini.

Pembelian saham akan berjalan mulus jika MU meraih tiket Liga Champions musim depan. The Sun juga mengklaim, niat Salman membeli MU didorong keinginan untuk menantang dominasi Manchester City.

Saham terbesar Man City saat ini dimiliki keluarga kerajaan Abu Dhabi, Sheikh Mansour.
Glazer dikabarkan menentang upaya penjualan MU. Namun, tawaran yang baru kemungkinan mengubah pendirian mereka.

Keluarga Glazer membeli Manchester United tahun 2003 seharga 790 juta pound (Rp 14 triliun). Bila menjualnya sekarang, mereka akan mengantongi keuntungan hampir lima kali lipat.

Namun, laporan tersebut juga mengatakan bahwa penawaran besar itu juga tergantung dari hasil kerja yang diberikan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Jika pelatih Norwegia itu bisa memberikan tiket ke Liga Champions musim depan, Mohammad bin Salman akan setuju untuk membeli Manchester United dengan penawaran besar tersebut.

Jika gagal, Putra mahkota Arab Saudi yang berusia 33 tahun itu kemungkinan akan menurunkan penawarannya.

Bantahan

Pihak Arab Saudi memberikan bantahan terkait kabar akuisisi klub Manchester United. Namun, mereka tak menampik adanya pertemuan dengan manajemen Setan Merah untuk pembahasan perihal sponsorship.

Menteri Media Kerajaan Arab Saudi, Turki Al Shabanah, memastikan kabar pihaknya akan mengakuisisi saham United tidak benar.

"Kabar Pangeran Mohammed bin Salman ingin mengakuisisi Manchester United adalah kabar yang sama sekali tidak betul," tulis Turki Al Shabanah di akun twitter resmi miliknya.

"Faktanya adalah, klub sedang mengadakan pertemuan dana investasi publik untuk membahas proyek sponsor lainnya," sambung Al Shabanah.*

Baca Juga
NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post