February 1, 2019

Persib Bandung vs Persiwa Batal Digelar di GBLA, Pertandingan Ditunda

Persib Bandung vs Persiwa Batal Digelar di GBLA, Pertandingan Ditunda
Pertandingan Persib Bandung vs Persiwa Wamena Senin (4/2/2019) batal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Bukan hanya batal digelar di GBLA, laga Persib vs Persiwa juga ditunda atau dijadwal ulang.

"Sehubungan dengan tidak adanya rekomendasi dari Polrestabes Bandung terkait keamanan infrastruktur GBLA, maka pertandingan leg ke-2 Piala Indonesia antara PERSIB dan Persiwa resmi dijadwal ulang," demikian rilis Persib di akun Twitter resminya, Jumat (1/2/2019) malam.

Pertandingan leg 2 babak 32 Besar Piala Indonesia itu ditunda karena polrestabes Bandung tidak merekomendasikan penggunaan Stadion GBLA.

Faktor keamanan infrastrukrur GBLA menjadi pertimbangan pihak kepolisian tidak memberikan izin penggunaan stadion yang terletak di kawasan Gedebage tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi, membahas dengan Dinas Tata Ruang dan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga). Tadi rekan-rekan juga sudah mengetahui kondisi stadion. Sehingga ini perlu pengkajian lebih lanjut," kata Kapolrestabes Bandung, Kombespol Irman Sugema, usai rapat koordinasi Jumat 1 Februari 2019 dikutip situs resmi Persib.

"Demi keamanan dan keselamatan, kita menyarankan kepada Panpel Persib agar sementara tidak menggunakan Stadion GBLA," tegas Irman.

Irman mengaku tidak mau mengambil risiko terkait keselamatan dan keamanan jika tetap memaksakan bermain di GBLA.

"Rekomendasi dari Dinas Tata Ruang dan Dispora juga menjadi pertimbangan. Mereka menyampaikan sebaiknya jangan di GBLA. Ini menjadi pertimbangan pihak kepolisian untuk menyarankan hal yang sama. Untuk sementara Persib tidak menggunakan GBLA," tegasnya.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung, Iskandar Zulkarnaen, menjelaskan kondisi terkini Stadion GBLA.

Menurut Iskandar, stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk itu mengalami kerusakan, seperti penurunan permukaan tanah dan keretakan di beberapa bagian bangunan.

"Ya, ini hasil kita ke lapangan bareng sama pihak dari Polrestabes. Memang konstruksi di GBLA terjadi penurunan (tanah). Bisa terlihat dari foto bukti yang kita sampaikan sebelumnya," ujar Iskandar.

Dengan alasan keamanan dan keselamatan, Iskandar merekomendasikan agar GBLA tidak dipergunakan dahulu.

"Memang pada saat ada beberapa jalan masuk ke stadion ada penurunan. Sehingga kalau dipaksakan akan jadi risiko. Karena kita penelitiannya baru sehari. Jadi, kita butuh pendalaman lebih lama. Kami hanya merekomendasikan mengenai kondisi di lapangan saja," paparnya.



Baca Juga
NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post