February 05, 2019

logo bolagp sport

Bobotoh Gelar Aksi Protes Penundaan Persib vs Persiwa

Bobotoh Gelar Aksi Protes Penundaan Persib vs Persiwa BolaGP Sport
February 05, 2019

Protes Penundaan Persib vs Persiwa, Bobotoh Gelar Aksi Unjuk Rasa
Ratusan Bobotoh Persib Bandung menggelar aksi unjuk rasa di Graha Persib Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (4/2/2019) malam.

Mereka memrotes penundaan laga leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia Persib vs Persiwa Wamena di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Laga Persib vs Persiwa dijadwal ulang karena pihak kepolisian tidak memberikan izin penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) karena kondisi dari stadion yang ambles dan retak.

Dilansir laman Simamaung, bobotoh berkumpul di Graha Persib dan gelar long march menuju Mapolrestabes Kota Bandung.

Mereka menyuarakan aspirasinya kepada Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema dan Kadispora Bandung, Dodi Ridwansyah. 

Setelah itu mereka juga kembali menuju Graha Persib untuk lakukan pertemuan dengan pihak Maung Bandung. 

General Coordinator Panpel Persib, Budhi Bram Rachman, menemui para demonstran yang penuhi pelataran parkir kantor Persib tersebut.

Perwakilan bobotoh, Albert Dragtan Shadrach, mengatakan aksi ini digelar untuk menyuarakan tuntutan dan kekecewaan. Ia menilai pihak kepolisian dengan mudahnya menolak pengajuan izin dari pihak Persib. 

Menurutnya, kepolisian seharusnya mendukung kepentingan dari Bobotoh karena menyaksikan Persib ialah hiburan mereka.

“Ada tuntutan yang disampaikan kepada pihak keamanan, yang pertama itu pihak kepolisian yang seharusnya mengabdi ke masyarakat, seharusnya membantu kita Bobotoh untuk mengizinkan dan melindungi masyarakat dan juga memberi keamanan kepada masyarakat, ini salah satunya,” ujar Albert.

“Bukan dengan mudahnya tidak ngasih izin. Maksudnya, gitu mah gampang banget lah saya juga bisa kalau ada apa apa engga ngasih izin, tapi kan bukan gitu seharusnya. Ini kerjaannya seharunya berkoordinasi elemen masyarakat supaya Polisi bisa, Polisi itu jagoan kalau ada situasi seperti ini, bagaimana caranya solusinya supaya masyarakat tetap terlindungi bukan sekedar dengan mudahnya ga ngasih izin,” imbuhnya.

Bobotoh juga menuntut Persib supaya Walk Out dan tidak bertarung di laga tunda. Itu karena pihak Persib gagal melaksanakan laga tepat waktu dan dirasa menyalahi regulasi. 

Albert menyebutkan, bobotoh selalu menyuarakan asal disiplin ketika ada klub yang menabrak peraturan. Ia enggan Persib melakukan hal yang sama dengan klub-klub lain soal ketaatan terhadap regulasi.

"Tuntutan WO dari kawan-kawan itu tadi sebenarnya simpel aja ketika kita selalu gembar-gembor mengenai bagaimana suporter yang baik itu seharunya fair, saat hitam dibilang hitam ketika putih dibilang putih. Saat buruk dibilang buruk saat baik dibilang baik. Misalkan dalam kasus ini Bobotoh nurut aja, kita secara langsung menjilat ludah kita sendiri,” ujarnya.

Dari kubu Persiwa, manajemen klub tersebut sudah mengirimkan surat resmi kepada PSSI. Mereka menuntut PSSI menyatakan Persib kalah WO karena gagal menggelar pertandingan.*

Show comments
Hide comments