March 22, 2019

Jangan Berangkat Touring Sebelum Baca Tips dari Kami

Jangan Berangkat Touring Sebelum Baca Tips dari Kami


Saat touring ke luar kota menggunakan motor merupakan salah satu cara menikmati indahnya pemandangan.

Selain memastikan fisik pengendara dan motor, diperlukan juga untuk mengecek riding gear, perlengkapan, serta harus memeriksa kondisi motor siap untuk riding atau tidak.

Karena kalau tiba-tiba saat berkendara terjadi hal yang tidak diinginkan, atau bahkan karena motor bermasalah, touring kalian akan terasa berantakan.

Tips Memeriksa Motor Sebelum Touring 

Berikut kami akan memberikan tips memeriksa motor sebelum melakukan riding jauh.

1. Knalpot

Buat kalian yang hobi touring ke luar kota tentunya banyak sejumlah persiapan diri dan juga persiapan motor untuk melakukan riding jauh yang khusus harus dilakukan.

Untuk fisik badan tentunya harus melakukan istirahat yang cukup agar saat waktu touring badan terasa fresh, sedangkan untuk motor salah satu yang harus kalian cek pertama yaitu knalpot.

Sekarang ini banyak para komunitas motor memilih untuk memakai knalpot bising daripada memakai knalpot standar.

Nah, maka dari itu kalian harus cek dulu saat touring apakah akan melintasi kota/daerah yang memiliki khusus berkaitan dengan knalpot.

Karena sekarang di beberapa daerah maupun dikota banyak tidak suka dengan suara knalpot yang bising sehingga mereka melarang motor yang tidak memakai knalpot standard.

2. Kabel

Nah, ini yang wajib kalian cek dan pastikan tidak ada masalah yaitu kabel pada mesinnya. Pasti setiap motor terdapat kabel, entah itu kabel rem, kabel kopling, kabel gas maupun kabel pada kelistrikan motor.

Semua itu harus wajib kalian cek untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bila kalian menemukan kabel yang terkelupas, alangkah baiknya diganti dengan kabel baru.

Kabel kelistrikan yang bermasalah bisa mengakibatkan konslet dan motor tidak mau menyala, apalagi dengan kabel rem kalian harus memastikannya apakah berfungsi atau tidak.

3. Cairan

Seberapa pun banyak cairan yang ada di motor kalian semuanya pasti harus dicek ketika ingin berkendara jauh.

Pastikan jangan ada cairan yang terlewatkan harus terisi dan tidak boleh kurang. Kemudian lakukan pengisian bensin di malam hari sebelum pagi harinya pergi touring agar tidak kerepotan.

Selain bensin cairan motor yang tak kalah pentingnya yaitu oli mesin, oli gear, minyak rem dan air radiator.

Oli mesin membantu mesin motor supaya tidak terasa panas dan haus saat digunakan touring jauh seperti halnya juga oli gear.

Minyak rem membantu melumasi gesekan logam dengan cakram motor dan cara untuk menghentikan jalannya motor agar tidak berubah bentuk saat berada di suhu yang tinggi. Air radiator untuk mendinginkan mesin yang panas ketika melakukan perjalanan jauh.

4. Lampu

Memeriksa lampu motor merupakan hal penting lainnya yang harus kalian periksa. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik, seperti lampu utama, lampu senja, lampu sein bahkan lampu rem.

Karena tidak mungkin kalian touring mengendarai motor di waktu siang saja bahkan jangan hanya memeriksa lampu motor hidup atau tidak, yang harus dicek lagi yaitu apakah lampu motor menyilaukan pengendara lain atau tidak.

Karena jika lampu motor silau akan menimbulkan bahaya bagi pengendara lain maupun diri kita sendiri.

5. Ban

Terakhir yang tidak boleh terlewatkan yaitu ban motor dan juga velg motor.

Sebelum berangkat touring sebaiknya cek ban motor dan juga velg. Karena jika ban yang ada di motor kalian sudah mulai menipis sebaiknya diganti dengan yang baru, sedangkan velg motor sebaiknya kalian cek di baut AS motor apakah kendor atau tidak.

Cara untuk mengetahui ban motor masih layak dipakai atau tidak yaitu dengan mengecek gambar segitiga yang ada di pinggir ban apakah ketebalannya sudah menyentuh indikator segitiga ban atau belum.

Kalau sudah menyentuh indikator ban sebaiknya diganti untuk kenyamanan berkendara kalian.

Demikian info yang kami berikan sebelum kalian melakukan perjalanan jauh dengan aman. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga
NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post