March 17, 2019

Perempat Final Piala Presiden 2019 Tanpa Tiga Tim Paling Bersih di Liga 1

Tiga klub paling bersih dalam kompetisi Liga 1 2018 gagal lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2019. Ketiga tim itu adalah Persib Bandung, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Perempat Final Piala Presiden 2019 Tanpa Tiga Tim Paling Bersih di Liga 1


Ketiganya disebut “tim pelit” alias bebas suap dan pengaturan skor versi Wakil Ketua Satgas Anti Mafia Bola Krishna Murti.

Delapan tim yang melaju ke babak 8 besar adalah juara grup --Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, Kalteng Putra, Persija Jakarta, Persela Lamongan-- ditambah dengan tiga tim peringkat dua terbaik -- Madura United, Tira-Persikabo, dan Arema FC.

Persib Bandung mengalami nasib apes pada ajang Piala Presiden 2019. Tergabung di Grup A bersama Tira-Persikabo, Persebaya Surabaya, dan Perseru Serui, serta bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Si Jalak Harupat, namun Maung Bandung menelan dua kali kekalahan beruntun dari Tira-Persikabo dengan skor 2-1 pada pertandingan pertama, serta tumbang 1-3 dari Persebaya Surabaya di pertadingan kedua.

Dua kekalahan yang diderita oleh klub berjuluk Maung Bandung tidak mampu membawa Persib melangkah ke fase gugur. Kendati menang telak 4-0 pada laga terakhir menghadapi Perseru Serui, kemenangan tersebut hanya sebatas pelipur lara lantaran Persib hanya mampu menempati posisi 3 klasemen. 

Yang lolos ke babak 8 besar dari Grup A adalah Persebaya Surabaya sebagai juara grup dan Tira-Persikabo sebagai salah satu runner-up terbaik.

PSM Makssar menempati posisi terbawah di akhir klasemen tanpa poin. Tergabung di Grup C bersama Kalteng Putra, PSIS Semarang, dan Persipura Jayapura, klub berjuluk Juku Eja ini ditaklukkan oleh lawan-lawannya. 

Persipura Jayapura sebenarnya tampil tidak terlalu buruk. Pada laga perdana, Boaz Salossa, dkk. sukses mengalahkan tuan rumah PSIS Semarang dengan skor 1-3, lalu pada pertandingan kedua Persipura menaklukkan PSM Makassar dengan skor akhir 1-0.

Namun pada laga penentuan kontra Kalteng Putra, , tim berjuluk Mutiara Hitam ini secara mengejutkan ditumbangkan tim promosi itu dengan skor 1-3. 

Meski di klasemen akhir mendapatkan poin 6, Persipura gagal lolos lantaran kalah selisih gol dari 3 tim runner-up terbaik lainnya.

Daftar 8 Tim Perempat Final Piala Presiden 2019

Berikut daftar klub yang sudah lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2019 beserta jumlah poin yang didapat di fase grup.

Juara Grup:
  1. Persebaya Surabaya (7 Poin)
  2. Bhayangkara FC (9 Poin)
  3. Persija Jakarta (7 Poin)
  4. Persela Lamongan (7 Poin)
  5. Kalteng Putera (6)

Runner Up Terbaik:
  1. Tira Persikabo (7 Poin),
  2. Madura United (7 Poin),
  3. Arema FC (6 Poin)

Perempat Final Piala Presiden 2019

Baca Juga
NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post