March 29, 2019

Persebaya ke Semifinal Piala Presiden 2019, Kalahkan Tira Persikabo 3-1

Persebaya ke Semifinal Piala Presiden 2019, Kalahkan Tira Persikabo 3-1
Persebaya Surabaya lolos ke semifinal Piala Presiden 2019. Dalam pertandingan perempat final melawan Tira-Persikabo, Jumat (29/3/2019), skuat Bajul Ijo menang 3-1 atas The Army.

Tiga gol kemenangan Persebaya diciptakan Manu Jalilov (2'),  penalti Damian Lizio (87'), dan  Amido Balde (90'). Gol balalasan Tira Persikabo diciptakan Osas Saha (61').

Dalam laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Persebaya unggul cepat di menit kedua melalui gol Manuchekhr Dzhalilov.

Umpan silang Amido Balde dari sayap kiri, disundul Irfan Jaya ke tengah kotak penalti Tira-Persikabo. Dzhalilov melakukan tendangan salto untuk membawa Bajul Ijo unggul 1-0.

Persebaya terus menekan, namun gagal mencetak gol tambahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Tira Persikabo berusaha menyamakan kedudukan. Skuat The Army mengancam gawang Persebaya pada menit ke-53. 

Umpan Miswar dari kotak penalto malah mengarah ke Parfait Essengue. Pemain asal Kamerun itu melepaskan tendangan jauh, masih meleset karena membentur pemain Persebaya.

Usaha tim asuhan Rahmad Darmawan membuahkan hasil pada menit ke-62. Osas Saha yang menjebol pertahanan Persebaya dengan memanfaatkan tendangan sudut.

Persebaya mendapatkan penalti pada menit ke-87. Wasit menilai Osvaldo Haay dilanggar oleh Abduh Lestaluhu. Lizio yang menjadi eksekutor sukses menceploskan bola ke gawang.

Balde mengunci kemenangan Persebaya menjadi 3-1. Gol ketiga Persebaya berawal dari Muhammad Hidayat yang mencuri bola dari Essengue, lalu mengirim umpan kepada Oktafianus Fernando.

Umpan silang pemain nomor punggung delapan itu diselesaikan dengan sempurna oleh Balde, Persebaya unggul 3-1.

Laga berlangsung ricuh di menit-menit akhir dan usai pertandingan. Para pemain dan ofisial Tira Persikabo memprotes keputusan wasit karena gol ketiga Persebaya diawali dengan pelanggaran, namun wasit membiarkannya.

Tira Persikabo harus bermain dengan 9 pemain di menit-menit akhir babak kedua, setelah Manahati Lestusen dan Rifad Marabessy dihukum kartu merah. 

Tidak ada gol tambahan tercipta, skor 3-1 untuk Persebaya membuat mereka melangkah ke babak semifinal Piala Presiden 2019. 

Di semifinal, Persebaya akan berhadapan dengan pemenang laga Persela Lamongan vs Madura United. Sebelumnya, Kalteng Putra lolos ke semifinal dengan menyingkirkan Persija. Kalteng Putra akan melawan pemenang Bhayangkara FC vs Arema FC.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya:
Miswar Saputra; Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra, Novan Setya, Ruben Sanadi; Fandi Eko, Misbakus Solikin, Damian Lizio; Manuchekhr Dzhalilov, Irfan Jaya, Amido Balde.

Tira-Persikabo: Angga Saputro; Khurshed Beknazarov, Vava Yagalo, Abduh Lestaluhu, Rifad Marasabessy; Ciro Henrique, Guntur Triaji, Parfat Louis, Wawan Febrianto; Loris Arnaud, Osas Saha.*

Baca Juga
NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post