June 1, 2019

Prediksi Tottenham Hotspur vs Liverpool - Final Liga Champions

Prediksi Tottenham Hotspur dan Liverpool - Final Liga Champions
Tottenham Hotspur dan Liverpool akan berlaga dalam final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu (2/6) dinihari mulai pukul 02.00 WIB (Live RCTI).

Laga ini sekaligus puncak kompetisi sepakbola Eropa musim 2018-2019. Usai final Liga Champhions, klub-klub Eropa memulai persiapan musim 2019-2020 dengan aktivitas transfer dan turnamen pramusim.

Dilansir laman resmi UEFA, Final UEFA Champions ini akan menjadi edisi ke-64 kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa.

Dalam sejarahnya, Real Madrid paling sering tampil di final, yakni 16 kali. Mereka menang 13 kali dan jadi runner-up tiga kali. Tim berikutnya yang sering lolos ke final adalah AC Milan (11 kali, 7 kali juara).

Liverpool pernah 8 kali ke final, termasuk musim lalu. Mereka 5 kali juara dan 3 kali jadi runner-up. Mereka terakhir kali juara pada 2005. Tottenham baru pertama kali lolos ke final.

Wanda Metropolitano adalah kandang Atletico Madrid. Stadion ini berkapasitas 67 ribu tempat duduk dan baru rampung direnovasi pada September 2017. Pemilihan tuan rumah, untuk pertama kalinya, memakai sistem bidding.

Secara keseluruhan, Liverpool dan Tottenham pernah bertemu 170kali. Liverpool menang 79 kali dan Tottenham menang 48 kali. Di level Eropa, keduanya baru bertemu di semifinal UEFA Cup 1972/73. Liverpool menyingkirkan Tottenham lewat gol tandang dalam agregat 2-2 (1-0 kandang, 1-2 tandang).

Di Liga Inggris musim ini, Liverpool finis kedua dan Tottenham finis keempat. Musim ini, dalam dua pertemuan di arena domestik, Liverpool terus menang dengan skor sama: 2-1.

Tottenham dan Liverpool sama-sama melakukan aksi comeback spektakuler di semifinal. Tottenham menang 3-2 di kandang Ajax lewat hat-trick Lucas Moura untuk memastikan diri lolos ke final melalui keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3.

Liverpool ke final usai menjungkalkan Barcelona dengan agregat 4-3 usai menang 4-0 lewat brace Divock Origi dan Georginio Wijnaldum pada leg kedua di Anfield.

Sepanjang musim ini, Liverpool jelas jauh diunggulkan ketimbang Tottenham lantaran The Reds telah dua kali mengalahkan The Lillywhites dengan skor 2-1, baik laga kandang maupun tandang di ajang Liga Primer Inggris.

Secara head to head keseluruhan, The Reds unggul dengan 79 kemenangan dan Tottenham hanya 48, sedangkan 43 pertandingan lainnya berkesudahan dengan hasil imbang. Sebuah catatan yang menjadikan Liverpool unggulan untuk menang.

Menurut Euro Club Index, The Red berpeluang juara dengan presentase 70.5%. Namun penampilan apik Spurs di babak semifinal kontra Ajax bisa mengubah prediksi tersebut.

Spurs akan tampil lepas dan mengandalkan kecepatan serangan balik, begitu juga dengan Liverpool. Kebintangan dari Mohamed Salah ataupun Son Heung Min bisa mengubah jalannya pertandingan.

Lini tengah Liverpool memang lebih stabil dalam bermain ketimbang Spurs. Saya memprediksi Tottenham akan menang 2-1 atas Liverpool sekaligus juara Liga Champions untuk kali pertama.

Head to Head Tottenham vs Liverpool:

Liverpool 2 - 1 Tottenham Hotspur
Tottenham Hotspur 1 - 2 Liverpool
Liverpool 2 - 2 Tottenham Hotspur
Tottenham Hotspur 4 - 1 Liverpool
Liverpool 2 - 0 Tottenham Hotspur

Prediksi Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Harry Winks, Moussa Sissoko; Christian Eriksen, Dele Alli, Son Heung-min; Harry Kane

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Fabinho, Jordan Henderson, Georginio Wjnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.



Baca Juga
NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post