Sanksi UEFA: Manchester City Absen di Liga Champions Selama 2 Musim

Sanksi UEFA: Manchester City Absen di Liga Champions Selama 2 Musim

Manchester City akan absen di Liga Champions selama dua musim setelah dijatuhi hukuman oleh UEFA.

Pengumuman sanksi itu dikeluarkan otoritas tertinggi sepakbola Eropa itu pada Jumat (14/2) waktu setempat.

The Citizens dilarang ikut pada kompetisi antar klub Eropa selama 2 musim ke depan setelah terbukti melakukan pelanggaran serius terhadap lisensi klub UEFA dan aturan Financial Fair Play.

Menurut laporan BBC, ManCity masih bisa mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Pihak ManCity menyatakan sangat kecewa dengan sanksi tersebut. Klub asuhan Pep Guardiola itu menegaskan akan mengajukan banding ke CAS.

"Klub selalu mengantisipasi kebutuhan terakhir untuk mencari badan independen agar proses berjalan tanpa memihak dan mempertimbangkan badan komprehensif bukti yang tidak dapat dibantah untuk mendukung posisinya," bunyi pernyataan resmi ManCity, Sabtu 15 Februari 2020

ManCity menduga, kepala penyelidik UEFA sudah secara terbuka memutuskan hasil dan sanksi terkait kasus yang menimpa mereka pada Desember 2018. Padahal, penyelidikan sama sekali belum dimulai.

"Kelanjutan proses ini cacat dan konsistensi UEFA patut diawasi. Berarti, ada sedikit keraguan dalam hasil yang akan ia berikan. Klub telah secara resmi mengeluh kepada badan disiplin UEFA dan itu sebuah keluhan yang divalidasi oleh keputusan CAS," lanjut pernyataan tersebut

Menurut ManCity, UEFA telah mengadili mereka tanpa bukti yang kuat. Sebab, UEFA seperti merekayasa kasus ini agar ManCity mendapatkan hukuman

"Dengan proses prasangka ini sekarang berakhir, klub akan mengejar penilaian yang tidak memihak secepat mungkin. Pada tahap pertama, akan memulai proses dengan Pengadilan Arbitrase Olahraga karena ini kesempatan paling awal."

Musim ini, ManCity masih berlaga di kompetisi Liga Champions. The Citizens akan menghadapi Real Madrid di babak 16 besar.

Dilansir The Telegraph, ManCity juga bisa menerima hukuman pengurangan poin di kancah domestik. 

Lebih buruknya lagi, The Citizens terancam harus bermain di League Two atau kasta keempat Liga Inggris musim depan.

Musim ini Manchester City kemungkinan besar akan mengakhiri musim 2019/20 dengan tetap menempati posisi empat besar klasemen atau zona Liga Champions. 

Pada kondisi demikian, jatah Liga Champions akan dilimpahkan ke posisi kelima klasemen akhir Premier League.*

NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post