MotoGP Qatar Dibatalkan Akibat Virus Corona, MotoGP Thailand Ditunda


MotoGP Qatar Dibatalkan Akibat Virus Corona, MotoGP Thailand Ditunda

Seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini, dibatalkan. Pembatalan MotoGP Qatar 2020 diputuskan karena penyebaran virus Corona.

Selain MotoGP Qatar, seri kedua MotoGP 2020 di Sirkuit Buriram, Thailand, juga ditunda.

Penyelenggara MotoGP, Dorna, melalui CEO Carmelo Ezpeleta memberikan keterangan resmi. Ezpeleta menyebutkan, pihaknya telah melakukan kontak sangat intensif dengan pihak berwenang di Qatar.

"Kami menerima indikasi dari pihak berwenang di Qatar mengenai situasi di Italia dan seluruh dunia karena mereka akan tiba dari negara masing-masing," kata Ezpeleta dilansir crash.net.

"Kebijakan pemerintah setempat, mereka perlu memastikan tidak berada di Italia selama 14 hari terakhir jika ingin berangkat ke Qatar. Jelas itu tidak mungkin buat rombongan MotoGP dan inilah yang menyebabkan pembatalan lomba," lanjutnya.

Dilansir laman resmi MotoGP, salah satu penyebab pembatalan seri pembuka MotoGP 2020 di Qatar adalah larangan kunjungan khususnya untuk mereka yang datang dari Italia.

"Kami terus berkomunikasi dengan otoritas di Qatar untuk memahami tepatnya apa yang bisa kami lakukan. Kemudian pada akhir pekan, situasinya berubah cepat," kata Ezpeleta.

"Pada Sabtu dan Minggu, tak ada masalah spesifik bagi setiap orang, tapi kemudian pada Minggu kami menerima indikasi dari otoritas di Qatar jika karena situasi di Italia dan seluruh dunia, semua orang atau warga negara Italia atau yang tinggal di Italia yang datang dari sana harus memastikan diri mereka tidak berada di Italia dalam 14 hari terakhir."

Dalam hal ini, bukan larangan masuk Qatar yang diberlakukan, namun siapa saja yang berada di Italia dalam 14 hari terakhir disarankan masuk karantina selama 14 hari di Qatar.

"Jelas itu tak memungkinkan bagi kami dan itulah yang menyebabkan kami membatalkan kategori MotoGP di Grand Prix Qatar," kata Ezpeleta seperti dilansir Antara.

Perubahan Jadwal

Dengan terdampaknya dua seri awal, maka tim dan pebalap harus menunggu hingga seri ketiga di kalender, jika tidak ada perubahan jadwal, yaitu Grand Prix Amerika Serikat akan digelar di Texas pada 6 April 2020.

Dorna Sports juga mengungkapkan rencana memajukan MotoGP Aragon 2020. Balapan di Sirkuit Buriram sedianya akan dilangsungkan pada 20-22 Maret 2020. Akan tetapi, pemerintah Thailand memutuskan untuk balapan seri kedua tersebut ditunda sebagai dampak penyebaran virus corona.

Dengan demikian, belum bisa dipastikan di mana dan kapan MotoGP 2020 akan dimulai. Namun, kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi itu diyakini akan start di Circuit of the Americas pada awal bulan depan. Sekalipun masih bergantung pada kebijakan larangan kunjungan yang sedang diterapkan Amerika Serikat.

Saat ini Dorna Sport sedang mengusahakan agar Thailand mendapatkan jadwal baru. Seri Aragon yang sedianya digelar pada 2-4 Oktober bisa saja berlangsung lebih awal.

"Memungkinan bahwa Aragon akan dimajukan dan jadwal aslinya akan diberikan kepada Thailand," CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan kepada Onda Cero, yang dikutip Autosport.

"Tapi yang pertama, kami harus membahasnya dengan promotor [Aragon], dan melihatnya apakah itu mungkin."

Dengan demikian, Aragon bisa saja mendapatkan jadwal baru yaitu pada 18-20 September, sepekan setelah seri San Marino.

Itu artinya, setelah balapan Thailand maka MotoGP akan langsung berlanjut ke Jepang (16-18 Oktober), Australia (23-25 Oktober), sebelum tiba di Malaysia (29 Oktober -1 November 2020).

Update Kalender MotoGP 2020

05/04 Amerika Serikat (Circuit of the Americas)
19/04 Argentina (Termas de Rio Hondo)
03/05 Spanyol (Circuito de Jerez – Angel Nieto)
17/05 Prancis (Le Mans)
31/05 Italia (Autodromo del Mugello)
07/06 Catalunya (Catalunya)
21/06 Jerman (Sachsenring)
28/06 Belanda (TT Circuit Assen)
12/07 Finlandia (KymiRing)
09/08 Rep Ceko (Automotodrom Brno)
16/08 Austria (Red Bull Ring-Spielberg)
30/08 Inggris (Silverstone)
13/09 San Marino & Riviera (Rimini MWC Marco Simoncelli)
04/10 Aragon (MotorLand Aragon)
18/10 Jepang (Twin Ring Motegi)
25/10 Australia (Philip Island)
01/11 Malaysia (Sepang International Circuit)
15/11 Valencia (Comunitat Valenciana-Ricardo Tormo)

* MotoGP di GP Qatar dibatalkan dan GP Thailand ditunda

Sumber: Crash.net


NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post