Jadwal MotoGP 2020 Terbaru: Seri Pembuka Disiapkan di Jerez pada 19 Juli


Jadwal MotoGP 2020 Terbaru: Seri Pembuka Disiapkan di Jerez pada 19 Juli

Jadwal MotoGP 2020 kembali diperbarui. Seri perdana balapan MotoGP 2020 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit  Jerez, Spanyol, pada 19 Juli 2020.

CEO Dorna yang merupakan promotor MotoGP,  Carmelo Ezpeleta, mengatakan pihaknya sudah mengajukan proposal kepada otoritas Spanyol.

Rencananya, Jerez akan menggelar dua balapan pada dua akhir pekan beruntun.

Setelah menyelesaikan balapan Jerez, kemungkinan MotoGP akan melanjutkan seri di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Setelah itu, balapan akan digelar di Red Bull Ring, Austria.

Akibat pandemo Covid-19, balapan MotoGP 2020 terus terunda sejak dibatalkannya seri perdana 8 Maret lalu di Sirkuit Lusail, Qatar. 

Sejak saat itu, rentetan seluruh balapan MotoGP di paro pertama musim (8 seri) mengalami penundaan maupun pembatalan hingga saat ini.

Jerez menjadi lokasi yang pas untuk memulai musim. Karena tes pramusim juga berlangsung di sana selama tiga hari. 

Ezpeleta menyatakan pihaknya akan fokus menggelar 10-11 balapan MotoGP di lima negara Eropa, tanpa menutup kemungkinan bakal menambah jumlah balapan di negara luar Eropa.

Dalam pernyataannya di laman resmi MotoGP, Ezpeleta menyebut targetnya adalah memulai musim 2020 pada akhir Juli atau awal Agustus. 

Menurutnya, idealnya adalah memulai musim di Red Bull Ring, Austria, 14-16 Agustus, namun juga bisa lebih awal lagi.

Ezpeleta pun menyebut kalender balap MotoGP 2020 terbaru diperkirakan dirilis akhir bulan ini. 

"Kami butuh 2-3 pekan lagi untuk memutuskan. Kami rasa kami bisa mengajukan kalender yang lebih jelas pada pekan ketiga atau keempat bulan Mei," ungkapnya.

"Prinsipnya, skenario pertama adalah memulai musim pada akhir Juli dan fokus menggelar balapan di Eropa, bergerak maksimal di lima negara, dengan 10-11 balapan," ujar Ezpeleta.

"Kami sedang bicara dengan sirkuit-sirkuit ini untuk melihat apakah mereka bisa menggelar balapan atau tidak. Pada awal September, kami akan memberi tahu tim dan semua orang apakah kami bakal balapan di luar Eropa. Jika bisa, maka kami bisa menggelar total 14 balapan," pungkas Ezpeleta.

Sumber: motogp.com

NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post