Jika Tak Pensiun, Rossi Akan Memperkuat Petronas Yamaha di MotoGP 2021


Jika Tak Pensiun, Rossi Akan Memperkuat Petronas Yamaha di MotoGP 2021

Valentino Rossi membuka kemungkinan bergabung denan Petronas Yamaha di MotoGP 2021, setelah ia didepak Monster Energy Yamaha akhir musim 2020.

Jika tidak jadi pensiun, Rossi juga kemungkinan duet dengan Jorge Lorenzo di Petronas. The Doctor berganti posisi dengan Fabio Quartararo.

Rossi mengatakan target utamanya adalah untuk tetap bertahan di MotoGP pada 2021 dengan dukungan penuh pabrikan Yamaha di tim satelit Petronas Yamaha SRT.

Pada acara presentasi tim 2020 hari ini, Rossi menjelaskan mengapa ia mengambil keputusan dengan Yamaha untuk mundur dari skuad pabrikan dan membuka pintu untuk pembalap muda, Fabio Quartararo.

“Dari satu sisi itu adalah keputusan yang sulit bagi saya, karena saya tahu bahwa menunggu punya konsekuensi yang berarti tidak melanjutkan di tim pabrikan, tetapi di sisi lain itu tidak sulit untuk mengambil keputusan,” jelas Rossi kepada Bike Sport News.

"Saya tidak ingin bertahan jika saya tidak kompetitif. Untuk mencoba dan tetap menjadi yang teratas dalam olahraga apa pun, terutama ketika Anda sudah tak muda, membutuhkan banyak usaha dan untuk memberikan yang maksimal Anda harus bekerja setiap hari di MotoGP modern,” sambungnya.

Juara dunia sembilan kali itu menegaskan, jika dia hijrah ke tim Petronas Yamaha musim depan, itu tak akan sekadar menjadi tur perpisahan dirinya dari MotoGP.

Rossi yang kini berusia 41 tahun akan menjalani musim terakhirnya bersama tim pabrikan Yamaha tahun ini. Namun, musim balapan MotoGP terpaksa tertunda karena pandemi virus korona baru yang membuat sang pebalap asal Italia itu galau akan masa depan karirnya.

“Rencanaku sangat jelas. Menunggu suatu perubahan di tim, menunggu hingga musim panas untuk mengetahui apakah aku lebih kompetitif dari tahun lalu. Bagiku itu sangat krusial,” kata Rossi  dilansir laman resmi MotoGP.

“Aku ingin lanjut tapi aku hanya akan lanjut jika aku kuat. Sayangnya dengan situasi ini aku harus membuat keputusan tanpa (melihat) balapan. Jadi ini menjadi lebih sulit,” tambahnya.

Yamaha menyatakan akan memberi dukungan penuh kepada Rossi andai dia ingin terus membalap tahun depan.

“Aku punya kesempatan yang baik dengan tim Petronas yang aku rasa adalah tim papan atas seperti yang mereka tunjukkan tahun lalu dengan Quartararo dan Franco (Morbidelli)…. jadi bagiku itu adalah opsi yang sangat bagus,” ucap Rossi.

“Sekarang aku tinggal memutuskan dari dalam diriku sendiri apakah aku memiliki motivasi yang cukup untuk lanjut atau tidak,” tambahnya.

Bos tim Petronas Yamaha Razlan Razali pun akan menerima Rossi di garasi mereka asalkan sang pembalap masih ingin kompetitif dan bertarung untuk podium. Bukan sekedar menjadi pelabuhan terakhir sebelum pensiun.

Rossi telah bicara dengan bos Yamaha Lin Jarvis soal masa depannya. Namun, dia belum bertemu langsung dengan Razali.

Rossi pun mengakui kini ia punya hanya dua opsi: membalap di Petronas Yamaha atau pensiun.

Jika jadi memperkuat Petronas ataupun tim lain, maka Rossi akan tampil di MotoGP Indonesia yang rencananya digelar di Sirkuit Mandalika, NTB, musim 2021.*

NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post