Jadwal MotoGP 2020: Seri Malaysia Bisa Jadi Balapan Penutup, Dorna Upayakan Penonton


Jadwal MotoGP 2020: Seri Malaysia Bisa Jadi Balapan Penutup


Balapan MotoGP 2020 kemungkinan ditutup di Sirkuit Sepang, Malaysia. MotoGP dijadwalkan memulai musim 2020 di Sirkuit Jerez, 19 Juli 2020. Saat ini ada delapan lokasi yang dipilih untuk menggelar 13 putaran.

Menurut CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, hal tersebut karena balapan di luar Eropa belum diketahui kepastiannya.

Jika sudah dikonfirmasi, maka balapan di Malaysia akan terjadi usai seri Valencia. Sejak 2002 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, selalu menjadi balapan penutup MotoGP.

Dibandingkan seri Amerika Serikat, Argentina, atau Thailand yang juga belum memiliki tanggal pasti, Malaysia adalah yang paling memungkinkan untuk menggelar balapan MotoGP 2020.

“Kami akan melihat kondisinya (terkait Malaysia jadi seri terakhir MotoGP 2020). Itu mungkin saja terjadi, namun semua balapan di luar Eropa masih menunggu (untuk dikonfirmasi) dan kami masih belum tahu persis,” kata Carmelo Ezpeleta, Jumat (12/6/2020).

“Jika tidak ada balapan di luar Eropa, maka Kejuaraan Dunia MotoGP akan berakhir di Valencia, seperti yang terjadi di setiap tahunnya. Jika tidak, maka tergantung balapan mana yang menggelarnya, namun Malaysia adalah hal yang paling mungkin (untuk menjadi balapan penutup MotoGP 2020),” tambahnya.

Upayakan Ada Penonton

MotoGP 2020 juga masih memuka pintu untuk penonton. Sejauh ini baru balapan di Jerez dan Catalunya yang memastikan digelar tanpa suporter.

Seri balapan lain masih membuka pintu bagi penonton. Bahkan, panitia MotoGP di Sirkit Brno, Republik Ceko, terus menjual tiket menyambut balapan 9 Agustus 2020.

Begitu pula seri ganda di Red Bull Ring, Austria pada 16 dan 23 Agustus. Mereka berharap pemerintah melonggarkan aturan karena persaingan baru berlangsung pada pertengahan Agustus.

"Keputusan akhir apakah fans dapat hadir bakal diambil menunggu perkembangan situasi," kata panitia MotoGP setempat.

Sikap sama diterapkan panitia balapan di Misano, Le Mans, Aragon dan Valencia. Masing-masing berharap peraturan sudah longgar karena pelaksanaan balapan masih lama.

Jika balapan MotoGP di Eropa bisa berlangsung tanpa penonton, Dorna selaku operator kompetisi menegaskan seri di kawasan lain baru pasti dilaksanakan dengan kehadiran suporter.

Pertimbangan biaya jadi alasan. Ada empat lokasi yang masih berpeluang menggelar MotoGP yakni Malaysia, Thailand, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Jadwal MotoGP 2020 Terbaru

19 Juli - MotoGP Spanyol (Sirkuit Jerez)
26 Juli - MotoGP Andalusia (Sirkuit Jerez)
9 Agustus - MotoGP Rep Ceska (Sirkuit Brno)
16 Agustus - MotoGP Austria (Sirkuit Red Bull Ring)
23 Agustus - MotoGP Styria (Sirkuit Red Bull Ring)
13 September - MotoGP San Marino (Sirkuit Misano)
20 September - MotoGP Emilia Romagna (Sirkuit Misano)
27 September - MotoGP Catalunya (Sirkuit Catalunya)
11 Oktober - MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)
18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)
25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)
8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo Valencia)
15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

Opsi Tambahan
Periode: 22 November-13 Desember

- MotoGP Amerika Serikat
- MotoGP Argentina
- MotoGP Thailand
- MotoGP Malaysia 

Jadwal MotoGP 2020

Jadwal MotoGP 2020

Sumber: Crash

NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post