Marcus Rashford Galang Dana untuk Makan Gratis Anak Sekolah di Inggris


Striker Manchester United, Marcus Rashford, trending topic di Twitter, Selasa (16/6/2020). Penyerang Timnas Inggris ini melakukan kampanye makan gratis bagi sekitar 1,3 juta anak selama liburan.

Rashford menggalang dana hingga £20 juta untuk memberi makan anak-anak kurang mampu di Inggris sana saat lockdown akibat pandemi corona. Jutaan anak kurang beruntung bisa merasakan manfaat program itu.

Rashford melakukan aksi sosial itu setelah mengeritik pemerintah Inggris yang menghapus layanan makanan gratis di sekolah. Menurut Rashford, makanan gratis di sekolah menjadi andalan bagi beberapa siswa yang tak mampu untuk bertahan hidup.

Dengan dicabutnya layanan tersebut, Rashford menilai akan banyak siswa yang kelaparan. Pemerintah Inggris punya pendapat terkait kebijakannya.

Mereka merasa layanan makanan gratis di sekolah memang sudah waktunya dicabut karena memasuki masa libur musim panas.

Marcus Rashford mengeluarkan surat terbuka ke Pemerintah Inggris. Ia mendesak Pemerintah Inggris untuk melanjutkan program voucher makan gratis kepada anak-anak sekolah yang membutuhkan. Selain itu, ia juga menggalang dana.

Pemerintah Inggris pun akhirnya kembali memberikan voucher makan gratis selama liburan.

Rashford menyambut voucher enam minggu untuk anak-anak yang memenuhi syarat, dengan mengatakan: "Lihatlah apa yang bisa kita lakukan ketika kita berkumpul bersama."

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memuji aksi sosial Rashford sebagai "kontribusi untuk debat tentang kemiskinan".

Semua anak yang berhak mendapatkan makanan sekolah gratis dalam jangka waktu di Inggris akan mendapat manfaat dari "Covid summer food fund", kata Downing Street.

Dukungan tersebut bekerja sekitar £ 15 per minggu per penerima, dan akan menelan biaya sekitar £ 120 juta.

Koresponden politik BBC Chris Mason mengatakan ia diberitahu ini adalah "dana tambahan yang disetujui oleh Departemen Keuangan".

Dalam sebuah surat terbuka yang emosional kepada para anggota parlemen yang diposting pada hari Senin, pemain depan Manchester United itu menggunakan pengalamannya sendiri mengandalkan makanan sekolah gratis dan bank makanan tumbuh dewasa.

Pemain sepakbola itu meminta orang lain untuk memikirkan tentang orang tua yang berjuang yang telah "airnya dimatikan" selama penguncian coronavirus, dan yang anak-anaknya kelaparan.

"Saya bahkan tidak tahu harus berkata apa. Lihat saja apa yang bisa kita lakukan ketika kita berkumpul, Ini adalah Inggris pada tahun 2020," kicaunya di akun @MarcusRashford.

Keluarga yang anak-anaknya memenuhi syarat untuk mendapat makanan gratis telah menerima voucher.

Hampir 1,3 juta anak sekolah di Inggris - terhitung 15,4% dari siswa yang berpendidikan negara bagian - memenuhi syarat untuk dan mengklaim makanan sekolah gratis menurut data terbaru yang tersedia..

Rashford, dan 2,7 juta pengikut Twitter-nya, membuktikan target yang sulit bagi pemerintah - dan dia mengalahkan mereka dengan daya tarik cepat langsung ke opini publik. (BBC)


NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post