Polri Resmi Keluarkan Izin Pramusim Liga 1 2021


Polri Resmi Keluarkan Izin Pramusim Liga 1 2021



Polri resmi mengeluarkan izin untuk turnamen pramusim Liga 1 pada Maret 2021. Menurut jadwal, turnamen pramusim digelar 20 Maret hingga 25 April 2021. Liga 1 2021 dimulai setelah Lebaran.

Izin keramaian ini diumumkan langsung Kapolri Listyo Sigit Prabowo usai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Mabes Polri, Kamis (18/2/2021).

"Di dalam rapat kita sepakat untuk kita berikan kesempatan dengan catatan. Penegakan aturan terkait prokes itu jadi syarat utama, tentunya dengan adanya kesepakatan tersebut, kita harus sama-sama menjaga komitmen, baik klub, pemainnya, dan suporter, penegakan aturan prokes jadi prioritas," ujar Listyo dalam konferensi pers.

"Karena itu, kami coba untuk berikan izin terkait penyelenggaraan tahap awal Menpora dengan menyelenggarakan pramusim," lanjutnya dikutip BolaGPSport dari Kumparan.

Sebelumnya, Zainudin telah bertemu dengan Listyo guna membahas izin keramaian untuk sepak bola pada 8 Februari.

Dari pertemuan itu kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan dengan PSSI, PT LIB, dan kepolisian di Kantor Kemenpora pada 10 Februari 2021.

Dari situ, PT LIB menindaklanjuti dengan menyambangi Mabes Polri pada Senin (15/2). Mereka memberikan video pelaksanaan protokol kesehatan dalam pertandingan sepak bola.

Turnamen pramusim bertajuk 'Piala Menpora 2021' rencana bakal digelar pada 20 Maret 2021 di empat kota. Sebanyak 20 tim akan ambil bagian yang terdiri dari 18 klub Liga 1 dan 2 klub Liga 2.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengaku mendapatkan instruksi khusus dari Presiden Jokowi untuk segera menjalankan Liga 1 2021.

Menurut Menpora, selama ini Presiden Jokowi terus memantau perkembangan sepak bola di Indonesia. Termasuk mempertimbangkan untuk kembali bergulirnya kompetisi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Pak presiden memantau langsung, ada pesan dari beliau supaya kompetisi dilakukan, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat. Beliau menanyakan persiapan seperti apa dan saya sudah jelaskan kemarin," katanya dikutip cnnindonesia.com, Kamis (18/2/2021).

"Pak Presiden minta untuk kompetisi dijalankan dengan protokol kesehatan ketat. Jadi Pak Presiden peduli betul terhadap sepak bola. Sampai beliau menyampaikan arahan kepada saya, 'apalagi masalahya?'. Saya bilang tidak ada pak, tinggal persiapan di PT LIB dan PSSI. Kami sudah rapat koordinasi, saya pimpin langsung, pihak kepolisian tinggal melengkapi saja," jelas Menpora.

Ia juga meminta komitmen dari suporter untuk memastikan tidak ada yang datang langsung ke stadion, menggelar nobar maupun membuat kerumunan.*


NEXT POST Next Post
PREVIOUS POST Previous Post